Minggu, 13 Juni 2021
6 Jun 2021
(IS/INIKEPRI.COM)
(IS/INIKEPRI.COM)

INIKEPRI.COM – Satu unit pesawat jenis Cassa C-212 dari Skadron Udara 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, diterjunkan melakukan pemotretan udara (survei udara) selama kurun waktu tiga hari ke depan di atas langit Lanud Hang Nadim, Sabtu (5/6/2021).

Dalam kegiatan ini, Lanud Hang Nadim menggandeng Dinas Survei dan Pemotretan Udara (Dissurpotrudau) Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) dan Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh untuk melaksanakan misi survey dan pemotretan melalui udara terhadap seluruh wilayah kewenangan tugas operasi yang menjadi tanggung jawab Lanud Hang Nadim.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, mengatakan, kegiatan pemotretan udara menggunakan pesawat Cassa C-212 bertujuan untuk mendapatkan data yang up to date (paling baru) guna mendukung kondisi pertahanan dan keamanan negara serta pembangunan nasional khususnya Lanud Hang Nadim.

“Pada kesempatan ini, Lanud Hang Nadim sedang melaksanakan kegiatan foto udara dengan menggunakan pesawat Cassa dari skadron udara 4 Abdulrachman Saleh, Malang. Dimana kerja sama ini antara Dinas Potrud,” kata Letkol Pnb Iwan.

Kegiatan ini, lanjut Iwan, untuk melihat atau memetakan kondisi wilayah Hang Nadim sebagai daerah operasi informasi terkini.

“Laksanakan penerbangan dengan baik sesuaikan dengan prosedur. Utamakan keselamatan terbang dan kerja, jangan memaksa jika weather (cuaca) tidak memungkinkan. Sesuai dengan kemampuan, baik itu kemampuan pesawat maupun kita. Masih ada kesempatan untuk melaksanakan misi di hari besok dan hari lusa untuk melakukan semaksimal mungkin. Apapun itu, yang terpenting adalah safety (keamanan),” ujarnya.

Ini adalah merupakan misi dari TNI Angkatan Udara (AU) untuk update aero drome di seluruh Indonesia atau mendata foto udara terkini di sekitar landasan.

Sebelum memulai pemotretan udara, seluruh awak pesawat dan unsur pendukung penerbangan serta personel Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav melaksanakan briefing (pengarahan) terlebih dahulu di Gedung Very Important Person (VIP) room Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).(IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x