Mudahkan Wisatawan, Pulau Nirup Siapkan Tempat Pemeriksaan Imigrasi

INIKEPRI.COM – Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi akan membuka pelayanan Tempat Pemeriksaan Imigrasi di kawasan wisata Pulau Nirup, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Hal itu bertujuan demi mempermudah wisatawan mancanegara dari Singapura yang hendak langsung berkunjung.

“Untuk TPI di sini adalah keputusan dari Ditjen Imigrasi. Ini adalah bagian dari kami sebagai fasilitator pembangunan memberikan dukungan Pulau Nirup sebagai kawasan wisata,” kata Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Hukum dan HAM Kepri Friece Sumolang, dilansir dari ANTARA, Kamis 12 Agustus 2021.

Dengan adanya TPI, lanjut dia, maka kapal atau orang asing bisa langsung datang ke lokasi wisata Pulau Nirup, tanpa harus singgah di pelabuhan internasional lain.

Sekedar untuk diketahui, Pulau Nirup berlokasi di Kecamatan Belakangpadang, yang berhadapan dengan Singapura. Meski memiliki kantor imigrasi sendiri, namun hingga kini belum ada TPI di kecamatan penyangga itu.

Fasilitas itu sengaja diberikan Ditjen Imigrasi agar pihak swasta bisa berkembang dan memberikan efek domino kepada masyarakat sekitar.

“Kalau dari Singapura, ini lebih dekat. Kalau dari Pelabuhan Harbourbay atau Sekupang, memutar. Ini bisa langsung dari Singapura,” kata dia.

Menurut dia, meski khusus untuk kepentingan wisata, namun TPI itu tidak akan berbeda dengan yang sudah ada.

Nantinya, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakangpadang akan menempatkan petugas yang bersiaga untuk memeriksa orang asing yang masuk ke sana.

Pulau Nirup, kini sedang dikembangkan sebagai resor dengan menyasar wisman yang datang dari Singapura.

BACA JUGA:

Mantap, Beberapa Pulau di Kota Batam Dikembangkan Untuk Pariwisata

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakangpadang Wahyu Gumilang mengatakan, akan dibangun CIQP yang lengkap di Pulau Nirup.

“Ini pelabuhan khusus, warga negara Singapura bisa berlabuh di sini. CIQP akan lengkap,” kata dia.

Manajer Operasional Tritunas Sinar Benua, Sugiarto menyatakan resor dan TPI rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan 2022.

“Alasan kami, karena ini sebagai ujung tombak, wisatawan dari Singapura datang ke tempat kita tidak perlu ke tempat lain, transportasi jadi lebih gampang,” kata dia.

Selain untuk pemeriksaan kedatangan wisman melalui kapal cepat, pihaknya juga menyiapkan wisman yang datang menggunakan yacht. (ER/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!