Ini 5 Universitas Termahal di Indonesia

INIKEPRI.COM – Masih banyak yang percaya, semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, maka semakin baik juga kualitasnya.

Begitu pun pendidikan, banyak yang menganggap kualitas suatu sekolah atau universitas beriringan dengan harga yang harus dibayar.

Selain itu, instansi pendidikan dengan harga yang tinggi juga akan berpengaruh terhadap fasilitas penunjang yang diberikan bagi para siswanya.

Oleh sebab itu, universitas yang mematok harga tinggi pun tetap tidak kehilangan peminatnya.

Dilansir dari laman Quipper melalui KOMPAS.com, berikut ini 5 kampus terbaik di Indonesia.

  1. Swiss German University (SGU)
    Universitas termahal di Indonesia yang pertama adalah Swiss German University (SGU). Kampus yang didirikan pada tahun 2000 ini diinisiasi oleh Indonesia, Jerman Swiss, dan Austria.

SGU disebut sebagai universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang diakui berdasarkan hukum Indonesia.

Adapun biaya kuliah per semester di Swiss German University (SGU) terbilang tinggi yakni Rp27,5 juta sampai Rp30 juta.

  1. President University
    Universitas termahal di Indonesia selanjutnya adalah President University. Kampus yang terakreditasi A ini diklaim memiliki lingkungan penelitian dan pembelajaran internasional yang kuat. Perkuliahan pun berlangsung menggunakan bahasa Inggris.

Biaya yang harus dibayar mahasiswa yang berkuliah di President University sebesar Rp 8juta hingga Rp32 juta per semester,. bergantung program studi yang dipilih.

  1. Universitas Pelita Harapan (UPH)
    Universitas termahal di Indonesia lainnya adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). Meski mahal, kampus ini terbukti tetap diminati para calon mahasiswa.

Mahasiswa yang berkuliah di UPH, dapat menghabiskan biaya lebih dari Rp200 juta hingga lulus.

  1. Universitas Bina Nusantara
    Universitas Bina Nusantara atau Binus University termasuk dalam daftar universitas termahal di Indonesia.

Meskipun mahal, Binus terbukti memiliki kualitas pendidikan dan fasilitas penunjang yang sangat baik.

Selain tercatat mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, Binus juga telah terakreditasi Internasional oleh Quacquarelli Symonds. Binus pun kerap menempati posisi teratas dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia.

Biaya kuliah di Binus dapat mencapai Rp17,7 juta hingga Rp23 juta per semester. Ditambah lagi, biaya lab Rp1,6 juta sampai Rp4,250 juta dan biaya peralatan sebesar Rp9 juta.

  1. Universitas Trisakti
    Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (14/1/2022), universitas termahal di Indonesia berikutnya adalah Universitas Trisakti.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) terendah di Universitas Trisaksi sebesar Rp14,5 juta, sedangkan BPP tertinggi (Fakultas Kedokteran) mencapai Rp32,325 juta per semester.

Estimasi biaya kuliah yang dibutuhkan hingga lulus di Universitas Trisakti sekira Rp131,3 juta sampai Rp184,8 juta. Akan tetapi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi.

Biaya yang harus dibayar mahasiswa Fakultas Kedokteran dapat mencapai Rp556 juta hingga Rp606 juta, sedangkan Fakultas Kedokteran Gigi mencapai Rp456,125 juta sampai Rp521,125 juta. (RBP/MINEWS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!