April Mop 1 April, Ini Sejarahnya

INIKEPRI.COM – Setiap tanggal 1 April, sering diperingati Perayaan April Mop atau dalam bahasa Inggris disebut April Fool’s Day.

Pada tanggal ini, identik dengan hari berbohong, lelucon atau hari prank kepada orang-orang.

Dilansir dari TERASGORONTALO, ada ulasan dari berbagai negara yang memiliki sejarah April Mop.

April Mop muncul pada tahun 1582 saat Prancis beralih dari kalender Julian (10 bulan) ke kalender Gregorian (12 bulan), sesuai dengan keputusan Dewan Trent pada 1563.

Masyarakat Prancis, yang terlambat mendapat pemberitahuan bahwa tahun baru telah dipindah menjadi 1 Januari, masih tetap merayakan tahun baru di minggu terakhir Maret hingga 1 April

Di Prancis, April Mop disebut Poisson d’Avril, saat anak-anak mengerjai dengan menempelkan kertas ikan ke punggung teman mereka.

Selain itu, para sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival yang dirayakan orang-orang di Roma Kuno pada akhir Maret, dengan berdandan dan melakukan penyamaran.

Ada juga spekulasi, kalau April Mop berkaitan dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, saat Mother Nature membodohi orang-orang dengan perubahan cuaca yang tak terduga.

Selama abad ke-18, April Mop menyebar ke seluruh wilayah Inggris.

Di Skotlandia sendiri, April Mop berlangsung dua hari dengan hari kedua yang disebut Taily Day, saat orang-orang ramai menempelkan catatan bertuliskan “tendang aku” di punggung orang lain.

Namun, di Inggris dan Kanada hanya membolehkan April Mop di pagi hari saja.

Tahun 1957, salah satu April Mop paling mengesankan terjadi. Dimana, banyak penonton tertipu ketika BBC melaporkan berita, bahwa petani Swiss memanen spageti dari pohon hingga memecahkan rekor.

Di zaman sekarang, banyak surat kabar, radio, televisi dan situs web berlomba-lomba berpartisipasi dalam April Mop untuk membohongi audiensi mereka.

Itulah sejarah April Mop dari berbagai negara. Meski, asal usulnya masih jadi perdebatan, namun perayaan April Mop masih dilakukan hingga saat ini. (DI/DETIKCOM)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!