Layanan Jargas dan Gaslink di Batam Diperluas, Pertamina: Lebih Aman

INIKEPRI.COM – PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), akan memperluas penyaluran gas bumi untuk pelanggan rumah tangga (jargas) dan komersial lewat layanan Gaslink CNG di Kota Batam, Kepulauan Riau.

“Melihat jargas dan Gaslink CNG tadi saya cukup apresiasi. Saya lihat yang jargas lebih aman, saya pikir safety nomor satu karena untuk perumahan. Kemudian, cukup bersih dan instalasi pipa yang sedemikian rapi. Gaslink CNG juga aman, utamanya memang tentang safety. Kita sudah coba tadi di kompornya juga cukup bagus, warna apinya biru, dan akan lebih irit dari (bahan bakar) yang sebelumnya,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M Erry Sugiharto saat Gas In Gaslink CNG di Citra Bakery, Batam, Kepri, dilansir dari ANTARA, Rabu 13 April 2022.

Dikutip dari keterangannya di Jakarta, Rabu, Erry berharap jargas dan Gaslink CNG tersebut menjadi fasilitas baru Pertamina di Batam.

“Tentunya, ini untuk Indonesia karena gasnya dari bumi Indonesia dan untuk masyarakat Indonesia. Ke depan, harapannya TKDN juga lebih baik dan pembelian impor energi berkurang,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan jargas rumah tangga dan Gaslink CNG menyalurkan energi gas yang lebih bersih, ramah lingkungan, dibandingkan energi fosil lainnya.

“Khususnya Gaslink CNG dapat membantu meningkatkan daya saing pelanggan sektor komersial dan UMKM,” ujarnya.

Gaslink CNG menjadi salah satu inovasi pemanfaatan gas bumi yang menjangkau wilayah yang belum terjangkau gas pipa PGN dan tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar.

CNG pada Gaslink dikemas dalam bentuk tabung yang movable dengan tekanan gas 200-250 bar dan volume 20 meter kubik atau setara 24 kg.

Angel, selaku pengelola Citra Bakery, mengutarakan alasannya tertarik menggunakan Gaslink CNG, karena lebih bersaing, efisien, dan praktis.

Selama ini, biaya energi Citra Bakery sekitar Rp1 juta. “Dengan pemanfaatan Gaslink CNG, akan menghemat biaya energi yang dikonsumsi,” katanya. Gas banyak diserap untuk kebutuhan dapur, karena Citra Bakery juga menjajakan berbagai menu makanan selain roti.

“Biasanya UMKM itu terbatas pada lahan, lahan untuk parkir kemungkinan besar hanya untuk pelanggan saja. Jadi, tidak bisa kita tempatkan cradle. Maka, kita memanfaatkan ruang dari pelanggan yang biasa dipakai. Tidak perlu menyediakan tempat baru untuk Gaslink CNG, karena kita bisa menggunakan tempat yang sudah ada,” jelas Faris.

Faris melanjutkan pembayaran pemakaian Gaslink CNG bisa terkontrol, karena ditagihkan per bulan sesuai pemakaiannya gasnya baik pascabayar maupun prabayar.

Dalam penggunaannya, Gaslink CNG juga fleksibel dan bisa melayani pelanggan dengan volume 500-3.000 meter kubik per bulan.

“Peralatan yang digunakan pada Gaslink CNG sudah tersertifikasi. Sama seperti produk gas bumi lainnya, Gaslink CNG juga lebih aman karena mudah terurai di udara, sehingga keamanannya terjamin,” imbuh Faris.

Gas in ke pelanggan rumah tangga dilakukan di Perumahan Kurnia Djaya Alam, Klaster Elang. Sedangkan, gas in Gaslink CNG berlangsung di Citra Bakery dengan estimasi pemakaian 500-1.000 meter kubik per bulan.

“Harapannya ke depan dengan menggunakan GasKita Pintar PGN ini, kami bisa lebih praktis, aman, dan efisien,” ujar Ira, salah satu pelanggan yang mendapatkan layanan gas perdana.

Saat ini, total pelanggan rumah tangga di area Batam sekitar 4.700 pelanggan. PGN Area Batam juga sedang menyelesaikan 1.329 sambungan rumah tangga baru untuk produk GasKita Pintar. Untuk percepatan jargas pada 2022, PGN Area Batam menargetkan 14 ribu sambungan baru.

Infrastruktur gas bumi di Batam tersebar melewati kawasan industri dan pusat keramaian seperti Tanjung Uncan, Panbil, Batam Center, dan Lubuk Baja, dengan panjang pipa 238 km dan memiliki Stasiun Panaran sebagai pintu distribusi gas buminya.

Selain rumah tangga, PGN di Batam melayani 57 pelanggan komersial dan 88 pelanggan kecil dengan total penyerapan 81 BBTUD

Faris menegaskan gas in tersebut merupakan bagian strategi Subholding Gas dan bertepatan pula dengan kegiatan safari Ramadhan untuk menyalurkan energi baik gas bumi ke masyarakat. (RBP/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!