Gandeng IROPIN, Dinsos Tanjungpinang Gelar Baksos Untuk Lansia

INIKEPRI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-26 tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 29 Mei lalu, Dinas Sosial Kota Tanjungpinang melaksanakan bakti sosial (Baksos) pembuatan kacamata gratis bagi para lanjut usia (lansia) dengan menggandeng Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (IROPIN) Daerah Kepri.

“Di hari lansia nasional tahun ini, kita gandeng IROPIN untuk kegiatan bakti sosial pemeriksaan mata sekaligus pemberian kacamata kepada para lansia,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fatah, Senin (13/6/2022).

Dikatakan Fattah, bakti sosial tersebut dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap para lanjut usia akan kebutuhan alat bantu penglihatan karena saat memasuki usia tua, di atas 60 tahun, fungsi penglihatan dari lansia akan semakin menurun sehingga mempengaruhi produktivitasnya.

Disaat itulah, dibutuhkan alat bantu yang dapat meningkatkan kemampuan dan semangat kerja, karena dari beberapa lansia yang ada, masih ada yang produktif.

“Sesuai dengan tema Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2022 “Lansia Sehat, Indonesia Kuat”, maka kesehatan lansia sangat penting khususnya menyangkut fungsi pancaindera yang dapat mendukung aktifitas kesehariannya,” ucapnya.

Peringatan hari lansia tahun ini memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun 2022 ini kegiatan lebih dititikberatkan pada aspek yang langsung menyentuh masyarakat, agar kemandirian lansia dapat diwujudkan, seperti pemberian kacamata gratis ini.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjut-usiaan, pemerintah memberikan perhatian khusus kepada lasia agar dapat mewujudkan lanjut usia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat.

Oleh karena itu, pemko Tanjungpinang melalui Dinsos memberikan perhatian khusus dalam bentuk kegiatan bakti sosial kacamata gratis, yang bekerja sama dengan Iropin Kepri.

“Kami ucapakan terima kasih atas partisipasi Iropin dalam kegiatan baksos ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Iropin Pengda Kepulauan Riau, Husni menyampaikan Iropin sebagai wadah organisasi bagi refraksionis optisi yang merupakan salah satu nakes di bidang kesehatan mata.

“Turut serta dalam kegiatan sosial, selain pemberian kacamata gratis, juga memberikan mutu pelayanan kesehatan mata, khususnya di optical dan klinik mata, serta rumah sakit yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan kesehatan mata,” jelasnya.

Kegiatan bakti sosial ini juga, lanjut Husni, dalam rangka mendukung visi misi organisasi yaitu berperan secara aktif dalam sistem pelayanan kesehatan mata, khususnya pelayanan refraksi optisi/optometri.

“Kali ini, lansia yang terdaftar berjumlah 109 orang, dan setiap lansia diperiksa refraksinya dengan dibantu beberapa asisten dan setelah pemeriksaan, lansia tersebut langsung diberikan kacamata gratis,” terang Husni. (RBP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!