Peringatan HKGN 2022, 1.911 Anak di Tanjungpinang Serentak Sikat Gigi Bersama

INIKEPRI.COM – Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Toan Hwa Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), mengikuti peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022, dengan serentak melakukan sikat gigi bersama.

Mereka juga diberikan penyuluhan dan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar, oleh para dokter gigi dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tanjungpinang, Kepri.

Acara tersebut dihadiri, Wali Kota Tanjungpinang Rahma, didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Elfiani Sandri, serta jajaran Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

Sebelum membuka acara Sikat Gigi Bersama Anak Indonesia, Wali Kota Rahma, menyapa siswa-siswi yang sudah siap menggosok gigi serentak.

BACA JUGA:

Pawai Lampion Meriahkan Festival Kue Bulan 2022 di Tanjungpinang

“Selamat pagi anak-anak ibu. Sudah siap untuk sikat giginya?,” sapa Rahma, ketika tiba di SD Toan Hwa, Jalan Engku Putri Tanjungpinang, Senin (12/9/2022).

Mereka pun dengan kompak menyapa wali kota kembali. “Siap ibu. Selamat datang ibu wali kota,” kata seluruh siswa dengan serentak.

Dalam sambutannya, Rahma mengaku menjadi kehormatan baginya, karena bersamaan dengan pelaksanaan HKGN yang dilakukan serentak se- Indonesia, siswa-siswi Tanjungpinang bisa ikut dalam sikat gigi serentak yang difasilitasi PDGI Tanjungpinang.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, agar mengetahui pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Anak-anak harus dibiasakan menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

“Tujuannya baik, supaya gigi kita sehat dan tidak ada yang rusak. Tentu, sehari-hari juga, akan semakin percaya diri ketika bergaul dengan teman-teman, karena gigi dan mulutnya sehat,” ucapnya.

Ia pun mengapresiasi PDGI yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan saya ucapkan selamat hari kesehatan gigi dan mulut nasional, pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan akan membangun kesehatan gigi dan mulut anak-anak Tanjungpinang,” ujarnya.

Wakil Ketua PDGI Cabang Tanjungpinang, Kepri, Ramadhan Tri Atmojo mengatakan acara ini diselenggarakan secara nasional dengan tujuan diharapkan dapat memecahkan rekor sikat gigi dunia.

“Kami PDGI yang membawahi tiga kabupaten/kota yakni Tanjungpinang, Bintan, dan Natuna, ikut menyukseskan sikat gigi nasional pada HKGN 2022. Hal ini, agar bakti PDGI dirasakan semua kalangan,” ucapnya.

Target sikat gigi bersama di Kepri ini sebanyak 25.979 siswa. Untuk kota Tanjungpinang sendiri, ada 1.911 siswa dari delapan sekolah yang melakukan sikat gigi bersama.

Masing-masing di SDN 010 ada 189 siswa, SD Toan Hwa 170 siswa, SD Maitreyawira 225 siswa, SDN 015 400 siswa, SDN 001 401 siswa, SD Katolik 247 siswa, SDN 009 ada 164 siswa, dan SDIT Almadinah 115 siswa.

“Menyukseskan acara hari ini, kami telah menyebar dokter gigi di setiap SD terpilih,” sebutnya.

Salah satu siswa SD Toan Hwa, Steven Wilson (8) mengaku senang dan bersemangat mengikuti kegiatan sikat gigi bersama.

Steven sudah membawa sikat gigi, pasta gigi, handuk kecil, dan gelas berkumur dari rumah.

Siswa kelas 3A ini juga, merasa suka mengikuti kegiatan ini, karena dirinya di rumah sudah rutin menggosok gigi.

“Ya, suka dan senang. Di rumah juga saya rajin sikat gigi, pagi dan sore. Kalau habis makan malam, sebelum tidur, juga menggosok gigi,” kata dia. (DI)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!