Waspada Penipuan Berkedok Redaksi KPK Tipikor

INIKEPRI.COM – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, mengatakan KPK meminta masyarakat mewaspadai penipuan yang menggunakan nama lembaga antirasuah.

“KPK mendapat Informasi adanya pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan diri sebagai Redaksi KPK Tipikor. Kami memastikan organisasi tersebut tidak ada afiliasinya ataupun kerja sama dengan KPK.,” ujar Ali, dalam keterangannya, Senin (8/5/2023).

BACA JUGA :

KPK Ingatkan Penyelenggara Negara dan PNS Tolak Gratifikasi Jelang Lebaran 2023

KPK Ingatkan Inspektorat Jenderal KL Perkuat Komitmen Cegah Penyimpangan

Ali menerangkan, dalam poster yang beredar di media sosial maupun aplikasi pesan, redaksi ini menggunakan logo dan identitas visual yang mirip dengan KPK. Dimana saat ini mereka mengumumkan sedang membuka pendaftaran untuk beberapa posisi jabatan pada organisasi tersebut.

“KPK meminta masyarakat untuk waspada dan berhati-hati, jika organisasi tersebut kemudian mengaku sebagai mitra KPK dan menggunakan modus-modus pungutan liar, penipuan, ataupun pemerasan,” paparnya.

Ali juga mengungkapkan, menjelang tahun politik ini, hoaks dan disinformasi rentan berkembang di masyarakat, yang tidak jarang mengatasnamakan KPK. Termasuk beredarnya berbagai poster yang menampilkan ataupun memanfaatkan nama pimpinan dan pejabat di KPK.

“Untuk itu, masyarakat dapat melaporkan modu-modus kriminalitas berkedok KPK ini kepada aparat penegak hukum setempat atau mengkonfirmasi secara langsung melalui kontak centre KPK 198,” tuturnya. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer