Jumat, 15 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
21 Okt 2020
(CNBC Indonesia)
(CNBC Indonesia)

Jakarta, inikepri.com – Salah satu inovasi penting yang sedang disiapkan berupa Vaksin Covid-19. Keberadaan vaksin ini, menjadi kebutuhan mendesak di seluruh dunia. Vaksin yang sedang disiapkan ini diberi label Vaksin Merah Putih.

Lembaga Biomolekuler Eijkman adalah yang memimpin konsorsium pengembangan vaksin Covid-19 yang berupa protein rekombinan.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, vaksin Merah Putih ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan.

“Vaksin Merah Putih ini, dibuat menggunakan strain Covid-19 Indonesia. Saat ini pengembangannya sudah lebih dari separoh jalan. Lembaga Eijkman akan menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada PT Bio Farma Januari mendatang untuk dilakukan tiga tahap uji klinis,” seperti dikutip dalam laporan satu tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin periode 2019-2024 yang diterima Infopublik di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Berburu Cepat Agar Tak Terlambat

Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa, kebutuhan vaksin sangatlah mendesak. Vaksin produksi sendiri tak akan bisa memenuhi. Kerjasama dengan produsen vaksin asing, perlu dijalin.

Saat ini, Indonesia menggandeng tiga perusahaan vaksin China: Sinovac, Sinopharm, dan CanSino.

Indonesia meneken kesepakatan dengan Sinovac untuk menyediakan 143 juta dosis konsentrat vaksin Covid-19 dimulai November 2020. Sementara itu, vaksin dari Sinopharm sedang menjalani uji coba klinis tahap ketiga di Uni Emirat Arab. (RM)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x