Rabu, 27 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
17 Nov 2020
(inikepri.com)
(inikepri.com)

INIKEPRI.COM – Beberapa foto dan video yang dinarasikan telah terjadi perampokan di kapal ferry tujuan Batam-Singapura, juga Batam-Tanjung Balai Karimun beredar di media sosial khususnya di WhatsApp, sejak Jum’at (13/11/2020) hingga Senin (16/11/2020).

Dari video yang beredar, tampak seseorang yang diduga perampok terkapar di atas dek kapal ferry. Pada gambar selanjutnya, terlihat beberapa anggota TNI tengah mengamankan seorang pria di salah satu ruangan kapal. Petugas TNI itu tampak membawa senjata laras panjang.

Terdapat sebuah narasi yang berisi klaim bahwa video tersebut merupakan peristiwa perampokan kapal ferry tujuan Batam-Singapura, juga ada yang mengatakan kapal ferry tujuan Batam-Tanjung Balai Karimun.

Kapal ferry Batam – Singapore dirampok,” demikian narasi tersebut.

PERAMPOKAN DLM KAPAL TUJUAN BATAM KE T.BALAI,” salah satu narasi yang beredar.

Benarkah video yang diklaim peristiwa perampokan kapal ferry tujuan Batam-Singapura dan kapal ferry tujuan Batam-Tanjung Balai Karimun? Berikut penelusurannya.

Penelusuran Fakta

Cek fakta inikepri.com menelusuri kabar ini, didapati fakta bahwa peristiwa tersebut adalah sebuah simulasi yang dilakukan oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun.

Dikutip dari infopublik.com, Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, latihan penyelamatan perompakan itu sebagai bagian tugas pokok TNI AL dalam menjaga keamanan di perairan.

http://infopublik.id/kategori/nusantara/492448/mv-oceanna-17-dibajak

Selain itu, dari video hasilnya terdapat video identik yang diunggah beberapa Channel YouTube dengan pengambilan gambar yang berbeda.

Salah satu di antaranya video berjudul “Lanal Tanjung Balai Karimun Gagalkan Aksi Perompakan Kapal Penumpang Di Karimun Kepri” yang diunggah Channel YouTube Video Informasi Tv.

Kesimpulan

Video yang dinarasikan aksi perampokan di Kapal Ferry tujuan Batam-Singapura ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan simulasi TNI AL, Lanal Tanjung Balai Karimun. Konten tersebut masuk kategori palsu. (RWH)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x