Jumat, 23 April 2021
Ikuti Kami di :
9 Des 2020
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Personil Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim bersama petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Hang Nadim Batam, personel Pemadam Kebakaran (PK) Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hang Nadim, ATC (Air Traffic Control) Bandara Hang Nadim, Kepolisian Sektor (Polsek) Bandara melaksanakan kegiatan latihan rutin Pertolongan Kecelakaan Pertama-Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di seputaran Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, pada Selasa (8/12/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan guna untuk meningkatkan kemampuan para personil dalam menggunakan peralatan sehingga mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, seperti salah pengoperasian peralatan.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan masing-masing personil dalam menghadapi resiko kecelakaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Base Rescue, Letnan dua (Letda) Tek Subcan saat disela-sela waktu kegiatan latihan tersebut.

“Setiap shift diwajibkan melakukan latihan basah, minimal sekali dalam Triwulan (tiga bulan berturut-turut). Kemudian juga, latihan kering sekali dalam sebulan. Sehingga setiap hari selalu dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan profesionalisme serta tanggungjawab sebagai seorang Fireman (Pemadam Kebakaran) sejati,” ujar Letda Tek Subcan.

Latihan rutin PKP-PK di seputaran Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, pada Selasa (8/12/2020). (ist)

Menurutnya, team work merupakan hal mutlak yang harus selalu menjadi perhatian utama untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah operasi pertolongan kecelakaan penerbangan.

“Kerjasama team sangat menentukan kesuksesan operasi, sehingga pekerjaan yang dirasakan sulit akan dengan mudah diselesaikan apabila dilakukan secara bersama dengan saling membantu. Begitu juga dalam operasi pertolongan kecelakaan penerbangan, dimana kekompakan dan kerjasama antar personil Rescue & Fire Fighting sangat menentukan suksesnya sebuah operasi serta pendukung lainnya,” jelasnya.

Masih dikatakan Kasubsi Base Rescue, bahwa tugas sebagai fireman adalah tugas yang sangat mulia, sehingga dalam menjalankan tugasnya harus penuh semangat dan motivasi terbaik.

“Pertolongan kecelakaan penerbangan & pemadam kebakaran adalah sebuah unit kerja yang paling tidak diharapkan bekerja, karena akan membawa resiko kerugian harta benda yang cukup besar. Akan tetapi, personil PKP-PK harus selalu mengasah dan meningkatkan kemampuannya apabila suatu waktu keahlian mereka dibutuhkan. Oleh karena itu, keahlian personel Lanud Hang Nadim dan seluruh unsur yang ada di Bandar Udara sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh sebuah kecelakaan di seputaran Bandar Udara Hang Nadim Batam,” ujarnya mengakhiri. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x