Minggu, 18 April 2021
15 Mar 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Dewasa ini, industri game di klaim memiliki prospek yang sangat menjanjikan dalam bidang ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dengan data, bahwa secara kumulatif, industri game 10-20 kali diatas gabungan industri film dan musik.

Ironisnya, sebagai salah satu negara berpenduduk terbesar di dunia, Indonesia “terjajah” dengan game buatan luar negeri. Hanya diangka 3% game buatan asli Indonesia berada di pasaran saat ini. Padahal, ratusan juta dollar beredar sektor ini.

Melihat dari data-data tersebu, sekumpulan developer dan pemain game di Kepri membentuk sebuah komunitas, dan pada Sabtu (13/3/2021) malam yang lalu, komunitas ini membuat sebuah perhelatan yang bernama “Riau Island Game Show 2021”.

Bertempat di G-Coffee, Kompleks Pasir Putih, Batam Center, Kota Batam, “Riau Island Game Show 2021”, dengan menggandeng Gerakan Kreatif Nasional (Gekrafs) Kepulauan Riau.

Julio Andriyanto, ketua panitia “Riau Island Game Show 2021” mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menghasilkan game berkualitas dari Kepri.

“Kita ingin ada kolaborasi antara developer game dan para pemain game di Kepri ini, agar game-game berkualitas lahir di Kepri,” kata Julio.

Lebih lanjut, nantinya, komunitas game developer Batam dan Gekrafs Kepri akan membuat Boot Camp/Pelatihan bagi warga Batam.

“Anak-anak Batam yang tertarik dengan mengembangkan game akan kita latih di boot camp itu,” jelas Julio.

Sementara itu, Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam, yang menghadiri kegiatan ini mengatakan, Pemerintah Kota Batam sangat mengapresiasi dengan keberadaan para milenial kreatif yang ada di Kota Batam.

“Sekarang zaman telah berubah, kalian-kalian inilah yang menentukan masa depan bangsa ini nantinya,” kata Amsakar yang juga didapuk sebagai Ketua Dewan Penasehat Gekrafs Kepri.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad membuka pergelaran Riau Island Game Show 2021 (ist)

Pada acara yang digelar itu selain pameran dan talk show, developer game Batam juga merilis 3 buah game hasil karya anak Batam, yaitu Leturn : Defense of Magic dari Dream Studio, Who is He : Let Me Out dari 4Happy Studio dan Armaegis.

Selain Amsakar Achmad, Riau Island Game Show 2021 ini turut dihadiri oleh Senator Kepri Ria Saptarika, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Boeralimar, Ketua Garnita Malahayati Kepri Erlita Sari dan anggota DPRD Kota Batam dari Partai PSI, Tan A Tie.

Komunitas Developer Game Batam, dan pengurus Gekrafs Kepri, serta tamu undangan berswafoto (ist)

(RD)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x