Minggu, 1 Agustus 2021
10 Jul 2021
(GENOSE/IST)
(GENOSE/IST)

INIKEPRI.COM – Pemberlakuan Tes GeNose bagi penumpang moda transportasi laut antar kabupaten/Kota di provinsi Kepulauan Riau mulai sekarang tidak lagi menjadi hal yang wajib.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 536/SET-STC19/VII/2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dan internasional menggunakan transportasi umum yang ditandatangani Gubernur Kepri, Ansar Ahmad pada 8 Juli 2021 kemarin.

Dalam edaran tersebut, diatur bahwa ketentuan perjalanan laut antar kabupaten/kota hanya diwajibkan melampirkan surat keterangan vaksin minimal dosis pertama. Sementara, untuk perjalanan laut antar provinsi (keluar Kepri) wajib menunjukkan bukti hasil negatif swab PCR.

“Untuk transportasi laut antar pulau atau kabupaten/kota syaratnya hanya kartu vaksin minimal dosis pertama saja. Tak perlu GeNose lagi,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Junaidi, Jumat (9/7/2021).

Sedangkan untuk perjalanan menggunakan transportasi udara, imbuh Junaidi, calon penumpang masih diwajibkan menunjukkan hasil pemeriksaan negatif swab PCR.

“Kalau masih dalam kabupaten/kota bisa Rapid Antigen atau PCR, jika antar provinsi wajib PCR,” ujarnya.

Junaidi mengatakan , pihaknya masih berupaya menyosialisasikan pemberlakuan aturan baru tersebut. Oleh karena itu, ia juga meminta serta mendorong pemerintah kabupaten/kota juga turut segera mensosialisasikannya di lapangan. Sehingga, tidak ada lagi kesalahpahaman di masyarakat.

Junaidi juga menambahkan dalam rangka menekan dan memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan. Pihaknya juga telah memberlakukan pembatasan jumlah penumpang untuk transportasi laut.

“Saat ini angkutan kapal Ferry wajib membawa penumpang maksimal 60 persen,” kata Junaidi mengakhiri. (ET) 

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Populer

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x