iPhone BM Dijual Bebas di Konter Nagoya Hill, Ketua FKM: Bea Cukai Sepertinya Kecolongan

INIKEPRI.COM – Banyaknya ponsel import black market (BM) dari luar negeri, khususnya Singapura yang membanjiri Kota Batam, Kepulauan Riau, menjadi salah satu bukti lemahnya pengawasan Bea dan Cukai Batam.

Hal ini berdasarkan investigasi dari Forum Kepemimpinan Mahasiswa (FKM) Kota Batam.

Edo Andrean, ketua FKM Kota Batam, Senin 22 November 2021 kepada INIKEPRI.COM mengungkapkan, salah satu konter ponsel di kawasan Nagoya Hill, diduga menjual ponsel keluaran terbaru iPhone 13 Pro Max.

“Kami meminta aparat penegak hukum yang berwenang seperti Bea Cukai Batam untuk turun ke lokasi konter KS Store di kawasan Nagoya Hill dan mengecek dugaan HP BM tersebut, jika terbukti pelaku penyeludup yang diduga berinisial AN, agar dibawa ke ranah hukum,” jelas Edo.

Peran Bea dan Cukai Batam dalam pencegahan beredarnya ponsel BM ini tidak hanya berupa membantu Kementerian Perindustrian dalam proses registrasi saja.

Akan tetapi, menurut Edo, Bea dan Cukai Batam juga seharusnya turut andil dalam proses pencegahan.

“HP iPhone 13 Max Pro bisa masuk ke konter KS Store, artinya Bea Cukai Batam kecolongan dalam hal ini, atau ada pembiaran dari Bea Cukai Batam, disinilah peran kami dari mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat dan juga sebagai control sosial,” terang Edo.

Ponsel branded kategori BM ini diduga didatangkan dari Singapura dan laris manis di pasaran.

Menurutnya lagi, hal ini disebabkan mereka bisa memberi jaminan kepada pelanggan bahwa ponsel yang mereka datangkan dari Singapura itu tetap bisa dipakai.

Keluhan banyaknya ponsel black market (BM) yang beredar di Batam terutama yang diperjual belikan oleh konter KS Store, akan kami tindaklanjuti dengan menyurati Dirjen Bea dan Cukai serta Mabes Polri, jika Bea Cukai Batam menutup mata atas dugaan penyeludupan HP BM tersebut.

“Saya melihat pengusaha AN sepertinya kebal terhadap hukum,” tutup Edo.

Hingga berita ini diturunkan, awak media ini belum berhasil mengkonfirmasi pengusaha tersebut melalui pesan Whatsapp. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
6PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!