Pemerintah Buka Travel Bubble Bintan Batam – Singapura, Begini Alur saat Turis Sampai di Pelabuhan

INIKEPRI.COM – Pemerintah direncanakan akan membuka travel bubble antara Indonesia dengan Singapura di kawasan Bintan dan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Senin, 24 Januari 2022.

Pelabuhan Bandar Bentan Telani di Bintan, akan menjadi satu-satunya pintu masuk wisatawan Singapura ke kawasan Bintan Resort, Lagoi Bintan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke Lagoi Bintan dan Nongsa Batam untuk meninjau kesiapan Pelabuhan Bandar Bentan Telani dalam menerima wisatawan dari Singapura. Didampingi General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Wahab dan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, Sandiaga Uno menyaksikan simulai setiap tahap yang harus dilalui wisatawan mancanegara saat tiba di Pelabuhan Bandar Bentan Telani.

Sampai di pelabuhan, wisatawan akan masuk ke bilik swab PCR, mengecek suhu tubuh, kemudian check-in dengan memindai QR Code melalui aplikasi Peduli Lingdungi. Sandiaga Uno juga memeriksa kesiapan pemeriksaaan keimigrasian setelah wisatawan menjalani pemeriksaan kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Selama travel bubble nanti, Pelabuhan Bandar Bentan Telani siap menerima 500 wisatawan dari Singapura dalam delapan kali trip perjalanan setiap hari. Sebelum pandemi, pelabuhan ini biasanya menerima 2.400 wisatawan mancanegara dalam 12 kali trip perjalanan per hari.

Seusai menyaksikan simulasi tadi, Sandiaga Uno meyakini kawasan Bintan Resort siap memulai travel bubble yang akan segera diumumkan pemerintah. “Bisa saya nyatakan Bintan siap untuk travel bubble. Nanti saya laporkan ke Bapak Menko untuk kemudian mengumumkannya,” kata Sandiaga Uno, Jumat, 21 Januari 2022.

Sandiaga optimistis pembukaan wisata terbatas dengan Singapura ini akan mendongkrak sektor pariwisata Bintan dan Batam yang terpukul selama pandemi.

Dalam siaran pers Humas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Ansar Ahmad mengatakan travel bubble tersebut menjadi momentum penting setelah dua tahun pariwisata di Kepulauan Riau lesu akibat pagebluk. “Kami berharap travel bubble ini sukses dan bisa diperluas lagi,” katanya.

Dia menambahkan, akan ada peristiwa penting pada Selasa, 25 Januari 2022 di Bintan. Saat itu, Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, untuk membicarakan kerja sama di antara kedua negara. “Semoga acara leaders retreat ini menjadi tanda keseriusan Presiden Jokowi atas pariwisata di Bintan,” ujar Ansar Ahmad. (RBP/TEMPO)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!