Bulan Vitamin A, Pemko Tanjungpinang Sasar 13 Ribu Balita

INIKEPRI.COM – Pemerintah Kota Tanjungpinang terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat, salah satunya dengan pelaksanaan bulan vitamin A setiap Februari.

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 13.000 balita usia 6-59 bulan di Kota Tanjungpinang akan mendapatkan vitamin A. Pencanangan ini berlangsung di Posyandu Delima Jalan Merpati, Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (2/2/2022).

Wali Kota Tanjungpinang Rahma yang hadir bersama Wakil Wali Kota Endang Abdullah dalam pencanangan itu mengatakan, pemberian vitamin A untuk balita tidak hanya kewajiban dari Kader Posyandu, semua pihak harus mengambil bagian untuk menyukseskan pemberian vitamin A ini.

“Pemberian vitamin ini sangat penting, jadi kita semua harus ambil bagian untuk menyukseskan pemberian vitamin A untuk balita 6 hingga 59 bulan,” ucap Rahma.

Rahma juga berpesan dalam pelaksanaan pemberian vitamin ini harus selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat saat ini pandemi COVID-19 masih ada.

“Hari ini jumlah kasus COVID-19 di Tanjungpinang mengalami kenaikan, untuk itu, laksanakan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Elfiani Sandri menyampaikan, pemberian vitamin A untuk balita 6 hingga 59 bulan dilakukan dua kali selama setahun yakni pada Februari dan Agustus. “Untuk sasaran balita 6 hingga 59 bulan penerima Vitamin A kurang lebih 13 ribu,” ujarnya.

Pemberian dosis vitamin A, lanjut Sandri, disesuaikan dengan usia anak, untuk usia bayi umur 6-11 bulan diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 IU dalam bentuk kapsul warna biru, sedangkan kapsul warna merah diberikan untuk usia anak 12-59 bulan dengan dosis 200.000 IU.

Dikatakan Sandri, pemberian Vitamin A sangat penting untuk tumbuh kembang balita, meningkatkan antibodi, mencegah kebutaan serta membantu produksi sel-sel darah.

“Kita harapkan dengan pemberian vitamin A ini mereka bisa tercegah dari penyakit-penyakit dan juga kecukupan gizinya terpenuhi,” ucapnya.

Sandri berujar, untuk mencapai target sasaran balita penerima, pihaknya juga akan menyasar ke PAUD, tempat penitipan anak, hingga tempat praktek bidan dan juga dokter.

“Pemberian vitamain A tidak bisa hanya di Posyandu saja, kita tahu bahwa tidak semua orang tua membawakan bayinya ke posyandu. Jadi, kita akan menyasar ke PAUD, tempat penitipan anak, praktik bidan, praktik dokter supaya semua balita mendapatkan vitamin A,” tutupnya.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!