Ini Cara Hindari Kebiasaan Ghibah saat Puasa Ramadan

INIKEPRI.COM – Bulan Ramadan merupakan bulan kesucian bagi seluruh umat Muslim. Namun ada saja godaannya saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini, termasuk salah satunya adalah berghibah.

Ghibah merupakan perbuatan tercela yang dilarang oleh Allah SWT. Dalam Islam, membicarakan keburukkan umat Muslim lain diibaratkan dengan makan bangkai saudara sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui bagaimana cara menghindari gibah pada saat berpuasa. Berikut tipsnya!

Jaga Lisan dan Tangan

Bicaralah seperlunya dan hindari memberikan komentar negative yang dapat memperkeruh suasana. Jadi perbanyaklah berprasangka baik dan ketiklah ucapan-ucapan yang baik pula di media sosial.

Ingat Dosa

Berghibah justru bisa membuat kalian menambah dosa yang mana di bulan suci ini orang beramai-ramai mencari pahala. Dosa kalian yang pernah dilakukan saat bulan ramadan akan dicatat oleh Malaikat dan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat.

Saling Menasihati

Tak ada salahnya saling menasihati teman dekat atau saudara kita yang tanpa sadar tengah berghibah. Menyimak dan membiarkan gunjingan justru sama buruknya dengan orang yang melakukan ghibah.

Mengenang Kebaikan Orang

Cara menghindari perilaku ini adalah dengan mengingat kembali kebaikan orang itu. Dengan begitu, maka kalian bisa mengurungkan niat untuk berghibah. (RP/MINEWS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!