Soal Penunjukan dan Pelantikan OPD di Lingga, Wabup Neko: Saya Tidak Dilibatkan

INIKEPRI.COM – Wakil Bupati Kabupaten Lingga Neko Wesha Pawelloy memberikan tanggapannya soal penunjukan dan pelantikan beberapa kepala dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta beberapa jabatan lainnya di Kabupaten Lingga yang dilantik beberapa waktu yang lalu, beberapa hari sebelum Idul Fitri 1443 H.

Menurutnya pelantikan tersebut sudah terjadi dan sebagai Wakil Bupati dirinya tidak banyak dilibatkan dalam penunjukan beberapa kepala OPD tersebut bahkan undangan pelantikan disampaikan kepadanya beberapa jam sebelum pelantikan, sehingga dirinya yang saat itu sedang berada di luar daerah tidak sempat menghadiri pelantikan tersebut.

“Kita tentunya memahami jika ada tim atau pihak-pihak yang tidak sepaham dengan penunjukan beberapa kepala OPD beserta jajaran lainnya, namun saya sampaikan disini ini sudah terjadi dan harus kita terima dengan lapang hati,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima INIKEPRI.COM, Kamis 12 Mei 2022.

BACA JUGA:

Erwan Bachrani Ingatkan Bupati dan Wabup Lingga Untuk Bersikap Tegas ke Kinerja BKPSDM

Dirinya juga menyampaikan melalui media bahwa sebagai wakil bupati dirinya memang seharusnya andil dalam penunjukan tersebut, namun karena kesibukannya dan tidak adanya koordinasi dari Baperjakat maupun Badan Pembinaan Kepegawaian dan Diklat (BPKAD) kepada dirinya sebagai wakil bupati sehingga penunjukan tersebut dan nama-nama yang dilantik tidak diketahuinya sama sekali.

“Kalau yang lama-lama mungkin saya tau tapi yang baru dilantik ini, sama sekali kami tidak dilibatkan tapi sebenarnya tidak elok kami menyampaikan ke publik, tapi itulah kenyataannya yang memang harus kita sampaikan di era demokrasi ini karena Kabupaten Lingga adalah milik seluruh masyarakat nya bukan hanya milik bupati, wakil bupati atau ketua DPRD beserta anggotanya, sehingga wajar kalau masyarakat ingin tahu,” ujarnya.

Meski dirinya tidak mengetahui kondisi detail soal pelantikan dan penunjukan tersebut, namun sebagai Wakil Bupati Lingga dirinya mengaku akan tetap mendukung kebijakan yang telah diambil dari hasil kerja Badan pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) bersama BKD dan dilantik oleh Bupati Lingga yang turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Lingga tersebut.

“Selama itu sesuai aturan yang berlaku tentu harus kita patuhi dan dukung, kami ucapkan selamat bekerja untuk para pejabat yang telah dilantik, semoga amanah dalam menjalankan tugas dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak,” kata dia.

Sebagai penutup Wakil Bupati Lingga juga menyampaikan kepada ASN yang tidak mendapat jabatan atau di non job kan dari jabatan tanpa alasan tertentu, dan melanggar prosedur serta aturan yang berlaku, dan pihak-pihak yang tidak sejalan dengan kebijakan tersebut maka dirinya mempersilahkan untuk menempuh proses-proses yang musyarawah, mufakat dan diselesaikan dengan kedewasaan demi kepentingan masyarakat banyak.

“Dan jika ditemui kejanggalan atau hal-hal yang tidak sesuai aturan maka kami persilahkan menempuh jalur hukum, ke pengadilan atau lembaga hukum lainnya,” terangnya.

Neko juga berpesan bahwa tantangan kedepan akan semakin berat, ditengah kondisi ekonomi di seluruh dunia baru dalam proses pemulihan serta masih terjadinya kontradiksi di level dunia internasional, nasional maupun daerah maka pemerintah daerah harus benar-benar mampu menciptakan peluang ekonomi kepada masyarakat.

“Jadi kepala OPD dan sejumlah pejabat yang ditunjuk harus bertanggung jawab dengan jabatan yang diemban, baik itu penganggaran maupun program harus benar-benar merata dan berkeadilan tidak boleh dikuasai hanya golongan tertentu, kalau itu terjadi maka dampaknya adalah masyarakat kita semua,” tutup dia. (MIZ)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!