6 Cara Cepat Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

INIKEPRI.COM – Makan makanan pedas memang sangatlah nikmat. Tapi, jika konsumsi makan pedas berlebihan dapat membuat rasa tidak nyaman dan akhirnya memicu sensasi terbakar pada mulut.

Rasa pedas disebabkan oleh suatu senyawa bernama capsaicin yang terkandung di dalam cabai. Biasanya jika kepedasan, cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi air atau minum dingin. Akan tetapi, minum air putih saja belum cukup.

Ternyata, ada cara dan bahan lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pedas, lho. Lantas, bagaimana cara cepat menghilangkan rasa pedas di mulut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Minum Susu

Susu dianggap dapat meredakan rasa pedas di mulut dengan cepat, karena susu mengandung protein kasein yang terbukti efektif menghilangkan panas dan pedas akibat capsaicin dalam cabai.

Minumlah susu segar yang mengandung protein kasein seperti susu sapi, yogurt, sour cream, atau keju cottage agar meredakan mulut dari rasa seperti terbakar.

  1. Minum Air Hangat

Minum air hangat jauh lebih ampuh meredakan rasa pedas dibandingkan air dingin. Walaupun dalam sesaat konsumsi air hangat akan membuat rasa pedas bertambah, tapi efek pengencer yang dimiliki oleh air bersuhu hangat lebih baik ketimbang air dingin.

Namun perlu diingat, jangan meminum air terlalu panas, hal ini dapat menyebabkan luka dan membesarnya pori-pori pada lidah.

  1. Minum Jus Asam

Selain bervitamin, jus rasa asam dapat menjadi penetralisir efek makanan pedas yang melekat pada lidah, lho. Banyak pilihan jus yang rasanya asam, diantaranya jus jeruk dan jus lemon. Dengan minum jus rasa asam dapat membuat lidah terasa lebih dingin dan nyaman.

  1. Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam dapat menyerap minyak pedas serta memberikan rasa berbeda pada lidah. Cobalah untuk mengemutkan gula pada lidah sampai rasa pedas berkurang. Kamu juga bisa mencoba dengan meletakan garam di bagian bawah lidah, lalu biarkan meleleh.

  1. Makan Nasi

Nasi memiliki kandungan glukosa yang sama dengan kandungan gula. Kunyahlah nasi dalam waktu lama saat rasa pedas menyerang, hingga rasa pedas benar-benar hilang di mulut.

  1. Makan Selai Kacang

Selain rasanya yang manis, selai kacang juga memiliki kandungan lemak yang dapat mengikat enzim capsaicin, sehingga dengan cepat menghilangkan rasa pedas dan panas pada mulut.

Itulah beberapa cara cepat meredakan rasa pedas di mulut yang bisa kamu lakukan, semoga bermanfaat. (RP/MINEWS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!