Bakamla RI Resmikan Pusat Pelatihan Maritim VBSS di Batam

INIKEPRI.COM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meresmikan Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim “Visit, Board, Search and Seizure (VBSS)” yang berlokasi di Kantor Pangkalan Armada Batam.

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dilansir dari ANTARA mengatakan, ke depan Bakamla akan menjadikan program pelatihan VBSS yang komprehensif sebagai kegiatan rutin dan menjadikannya sebagai pusat latihan bersama.

“Nanti dari K/L lain dapat menggunakan sarana dan prasarana pelatihan yg ada di Batam,” ujarnya Jumat (24/6).

BACA JUGA:

Bakamla RI Gelar Latihan Sistem Peringatan Dini Pemantau Keamanan

Fasilitas pelatihan maritim ini, jelas Aan, berupa modul kontainer ruang kelas untuk pelatihan tim VBSS yang dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan pelatihan terkoordinasi VBSS berskala internasional.

“Fasilitas pelatihan maritim ini merupakan wujud kerjasama dan komitmen yang kuat antara Bakamla RI dan UNODC (Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Narkoba dan Kejahatan, red) dalam menyiapkan dan membangun kapasitas untuk menghadapi berbagai ancaman maritim,” katanya.

Regional Program Coordinator Maritime Crime Program Asia Tenggara dan Pasifik Shanaka Jayasekara menambahkan, dia berharap bahwa Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim ini akan menjadi pusat fasilitas latihan regional untuk Tim VBSS.

“Kami sangat senang berpartner dengan Bakamla RI yang merupakan Coast Guard (Pasukan Penjaga Pesisir dan Laut) dari negara kepulauan terbesar di dunia untuk membangun fasilitas pelatihan maritim di Batam,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa, tahun ini Bakamla dan UNODC tengah menyelenggarakan program pelatihan terkoordinasi VBSS internasional. Pelatihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut di Batam. (DI/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!