Begini Caranya Agar Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Penuh Puasa Sebulan

- Admin

Minggu, 24 Mei 2020 - 13:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Batam, inikepri.com – Saat momen Lebaran, kondisi fisik yang sehat tentunya sangat dibutuhkan. Karena saat bersilaturahmi bersama sanak saudara harus dalam kondisi bugar. Lebaran #DiRumahAja pun membutuhkan tubuh sehat. Bersama keluarga kecilmu, lebaran tetap bisa dirayakan dengan penuh makna di rumah.

Selain memenuhi tubuh dengan asupan suplemen vitamin, ada beberapa tips agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar selama momen hari raya, demikian seperti yang dilansir dari laman Alodokter.

Tips pertama yakni mengatur pola makan. Usai sebulan mengalami perubahan pola makan karena puasa, momen lebaran saat yang tepat untuk memperbaikinya, menjadi pola yang ideal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seperti memulai makan di pagi hari dengan sarapan, dan sudahi dengan makan malam dua jam sebelum tidur. Jangan lupa pula mengonsumsi menu makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, khususnya sayur dan buah yang kaya akan serat.

Tips kedua yakni jangan ‘Balas Dendam’. Di saat momen Lebaran tentunya menjadi ajang berkumpul keluarga yang disertai makanan lezat sangat menggugah selera. Dari mulai makanan seperti gulai kambing, opor ayam, ketupat, hingga aneka kue manis. Melihat makanan lezat tersebut tentunya kamu sudah tak sabar untuk segera menghabiskan semuanya.

Baca Juga :  Puasa Ramadhan Benteng Melawan Corona

Namun perlu diketahui, kamu jangan lantas ‘balas dendam’, karena sajian menu lebaran yang serba manis berisiko meningkatkan kadar gula darah dan memicu penyakit diabetes. Selain itu, makanan serba santan pun bisa memicu penyakit hipertensi dan asam urat kamu kambuh.

Perlu diingat juga, memakan makanan berat secara serentak pun berisiko meningkatkan produksi asam lambung, sehingga perut terasa kembung dan munculnya sensasi terbakar pada dada, akibat dari naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Tips ketiga yaitu menjaga asupan air minum. Tak sedikit yang mengeluhkan mengalami gangguan sulit buang air besar saat menjalani ibadah puasa. Hal itu karena tubuh yang kurang terhidrasi oleh asupan air mineral delapan gelas setiap hari, dan memilih es sirup sebagai menu berbuka puasa.

Padahal, selain menjauhkanmu dari sembelit, mencukupi asupan air mineral bisa menjaga kelembapan tubuh dan membuat kulit wajah tetap kencang. Selain itu, rutin mengonsumsi minum air putih hangat setelah makan dipercaya dapat melunturkan sisa lemak yang berasal dari santapan kamu.

Tips keempat yakni jangan begadang. Berkumpul bersama keluarga saat lebaran tentu sangat mengasyikan. Selain melepas rindu, banyak cerita menarik yang dapat dibagikan ketika momen kebersamaan itu. Waktu pun terasa bergulir begitu cepat. Tapi karena keasyikan berkumpul dan berbincang dengan sanak saudara, jangan sampai hingga larut malam dan begadang ya gengs.

Baca Juga :  Hindari Kerumunan, Petugas akan Keliling Bagikan Nasi Kotak Lebaran

Risiko gangguan kesehatan kerap muncul karena terlalu sering begadang. Seperti sakit kepala, menurunnya daya tahan tubuh, menurunnya tingkat konsentrasi, memicu rasa lapar, obesitas hingga diabetes.

Setelah lelah beraktivitas seharian, tentunya tubuh kamu memerlukan waktu beristirahat untuk mengembalikan energi. Beberapa fungsi metabolisme tubuh pun bekerja lebih efektif saat kamu tertidur. Seperti organ pencernaan dan sirkulasi darah. Untuk itu pastikan tubuh kamu beristirahat selama 7-8 jam setiap hari.

Tips yang kelima yakni rutin berolahraga. Jika kamu tak sempat melakukan olahraga rutin saat puasa, saatnya mengembalikan performa tubuh setelah lebaran. Berolahraga rutin 3-4 kali seminggu akan menjaga berat badan kamu yang sempat turun saat ramadan. Berbagai pilihan latihan olahraga pun bisa kamu coba. Seperti jogging, angkat beban, zumba, push up, hingga sit up.

Berita Terkait

Awas! Ini Bahaya Mengonsumsi Ikan Hasil Pengeboman
Kemenkes Waspadai Kasus TB di Indonesia yang Meningkat
Laksanakan Ibadah Puasa Ramadan, Ini Pesan Menkes
Kemenkes: Ulat Pembunuh Manusia Hoaks
Banyaknya Manfaat Vaksinasi HPV dan Skrining Dini Kanker Leher Rahim
Begini Lho Kiat Turunkan Gula Darah dengan Cepat
Skrining Langkah Awal Deteksi Kanker Serviks
Cegah Kematian dan Stunting melalui Deteksi Dini
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 04:43 WIB

Awas! Ini Bahaya Mengonsumsi Ikan Hasil Pengeboman

Senin, 25 Maret 2024 - 00:14 WIB

Kemenkes Waspadai Kasus TB di Indonesia yang Meningkat

Selasa, 12 Maret 2024 - 04:39 WIB

Laksanakan Ibadah Puasa Ramadan, Ini Pesan Menkes

Rabu, 28 Februari 2024 - 18:53 WIB

Kemenkes: Ulat Pembunuh Manusia Hoaks

Minggu, 25 Februari 2024 - 10:10 WIB

Banyaknya Manfaat Vaksinasi HPV dan Skrining Dini Kanker Leher Rahim

Senin, 5 Februari 2024 - 00:27 WIB

Begini Lho Kiat Turunkan Gula Darah dengan Cepat

Minggu, 4 Februari 2024 - 00:45 WIB

Skrining Langkah Awal Deteksi Kanker Serviks

Kamis, 1 Februari 2024 - 08:38 WIB

Cegah Kematian dan Stunting melalui Deteksi Dini

Berita Terbaru

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Ekonomi

BI Rate Naik, Bank Sentral Antisipasi Dampak Kondisi Global

Jumat, 26 Apr 2024 - 01:40 WIB