Begini Caranya Agar Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Penuh Puasa Sebulan

- Admin

Minggu, 24 Mei 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Batam, inikepri.com – Saat momen Lebaran, kondisi fisik yang sehat tentunya sangat dibutuhkan. Karena saat bersilaturahmi bersama sanak saudara harus dalam kondisi bugar. Lebaran #DiRumahAja pun membutuhkan tubuh sehat. Bersama keluarga kecilmu, lebaran tetap bisa dirayakan dengan penuh makna di rumah.

Selain memenuhi tubuh dengan asupan suplemen vitamin, ada beberapa tips agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar selama momen hari raya, demikian seperti yang dilansir dari laman Alodokter.

Tips pertama yakni mengatur pola makan. Usai sebulan mengalami perubahan pola makan karena puasa, momen lebaran saat yang tepat untuk memperbaikinya, menjadi pola yang ideal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seperti memulai makan di pagi hari dengan sarapan, dan sudahi dengan makan malam dua jam sebelum tidur. Jangan lupa pula mengonsumsi menu makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, khususnya sayur dan buah yang kaya akan serat.

Tips kedua yakni jangan ‘Balas Dendam’. Di saat momen Lebaran tentunya menjadi ajang berkumpul keluarga yang disertai makanan lezat sangat menggugah selera. Dari mulai makanan seperti gulai kambing, opor ayam, ketupat, hingga aneka kue manis. Melihat makanan lezat tersebut tentunya kamu sudah tak sabar untuk segera menghabiskan semuanya.

Baca Juga :  Gejala Awal COVID-19 Varian Baru Bukan Demam

Namun perlu diketahui, kamu jangan lantas ‘balas dendam’, karena sajian menu lebaran yang serba manis berisiko meningkatkan kadar gula darah dan memicu penyakit diabetes. Selain itu, makanan serba santan pun bisa memicu penyakit hipertensi dan asam urat kamu kambuh.

Perlu diingat juga, memakan makanan berat secara serentak pun berisiko meningkatkan produksi asam lambung, sehingga perut terasa kembung dan munculnya sensasi terbakar pada dada, akibat dari naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Tips ketiga yaitu menjaga asupan air minum. Tak sedikit yang mengeluhkan mengalami gangguan sulit buang air besar saat menjalani ibadah puasa. Hal itu karena tubuh yang kurang terhidrasi oleh asupan air mineral delapan gelas setiap hari, dan memilih es sirup sebagai menu berbuka puasa.

Padahal, selain menjauhkanmu dari sembelit, mencukupi asupan air mineral bisa menjaga kelembapan tubuh dan membuat kulit wajah tetap kencang. Selain itu, rutin mengonsumsi minum air putih hangat setelah makan dipercaya dapat melunturkan sisa lemak yang berasal dari santapan kamu.

Tips keempat yakni jangan begadang. Berkumpul bersama keluarga saat lebaran tentu sangat mengasyikan. Selain melepas rindu, banyak cerita menarik yang dapat dibagikan ketika momen kebersamaan itu. Waktu pun terasa bergulir begitu cepat. Tapi karena keasyikan berkumpul dan berbincang dengan sanak saudara, jangan sampai hingga larut malam dan begadang ya gengs.

Baca Juga :  Bukan COVID-19, Ini Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

Risiko gangguan kesehatan kerap muncul karena terlalu sering begadang. Seperti sakit kepala, menurunnya daya tahan tubuh, menurunnya tingkat konsentrasi, memicu rasa lapar, obesitas hingga diabetes.

Setelah lelah beraktivitas seharian, tentunya tubuh kamu memerlukan waktu beristirahat untuk mengembalikan energi. Beberapa fungsi metabolisme tubuh pun bekerja lebih efektif saat kamu tertidur. Seperti organ pencernaan dan sirkulasi darah. Untuk itu pastikan tubuh kamu beristirahat selama 7-8 jam setiap hari.

Tips yang kelima yakni rutin berolahraga. Jika kamu tak sempat melakukan olahraga rutin saat puasa, saatnya mengembalikan performa tubuh setelah lebaran. Berolahraga rutin 3-4 kali seminggu akan menjaga berat badan kamu yang sempat turun saat ramadan. Berbagai pilihan latihan olahraga pun bisa kamu coba. Seperti jogging, angkat beban, zumba, push up, hingga sit up.

Berita Terkait

Vaksin tidak Meruntuhkan Kekebalan Tubuh
Cara Pertolongan Pertama Kaki Melepuh saat Ibadah Haji
Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Diberi Makanan Lain Selain ASI
PIN Polio Kembali Dilaksanakan di 33 Provinsi, Termasuk di Kepri
Asap Rokok Berdampak Buruk pada Ibu Hamil dan Anak
Kasus Varian COVID-19 di Singapura, Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan
Kesadaran Masyarakat Pentingnya Imunisasi Rutin Lengkap Harus Ditingkatkan
Upaya Pencegahan Hipertensi dengan PATUH dan CERDAS
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 11 Juni 2024 - 07:15 WIB

Vaksin tidak Meruntuhkan Kekebalan Tubuh

Sabtu, 8 Juni 2024 - 08:16 WIB

Cara Pertolongan Pertama Kaki Melepuh saat Ibadah Haji

Senin, 3 Juni 2024 - 07:34 WIB

Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Diberi Makanan Lain Selain ASI

Jumat, 31 Mei 2024 - 07:17 WIB

PIN Polio Kembali Dilaksanakan di 33 Provinsi, Termasuk di Kepri

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:18 WIB

Asap Rokok Berdampak Buruk pada Ibu Hamil dan Anak

Kamis, 23 Mei 2024 - 07:54 WIB

Kasus Varian COVID-19 di Singapura, Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

Selasa, 21 Mei 2024 - 08:31 WIB

Kesadaran Masyarakat Pentingnya Imunisasi Rutin Lengkap Harus Ditingkatkan

Senin, 20 Mei 2024 - 06:12 WIB

Upaya Pencegahan Hipertensi dengan PATUH dan CERDAS

Berita Terbaru