Kamis, 3 Desember 2020
log
Ikuti Kami di :
21 Nov 2020
(Ig @rajaikanbatam)
(Ig @rajaikanbatam)

INIKEPRI.COM – Salah satu sumber protein tinggi terdapat pada ikan. Memakan ikan sangat disarankan pada anak-anak karena terdapat asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak.

Setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2014 melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Perayaan ini dibuat dengan maksud meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya memakan ikan yang mengandung protein tinggi karena rendahnya tingkat mengonsumsi ikan di Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

Melansir laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, potensi sumber daya ikan nasional mencapai 65 jutan ton per tahun dengan rincian perikanan tangkap sebesar 7,4 ton per tahun dan budidaya sebesar 57,6 juta ton per tahun.

Seperti yang sudah disebutkan, Indonesia memiliki hasil laut yang tidak akan pernah habis untuk menghidupi masyarakat Indonesia. Maka peringatan Harkannas juga dibuat untuk memanfaatkan sumber daya ikan secara optimal.

Namun demikian, limpahan sumber daya ikan tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal.

Hal itu, antara lain dapat dilihat dari masih rendahnya rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Mengutip Wikipedia, konsumsi ikan penduduk Indonesia pada 2013 tercatat hanya 35 kilogram per kapita per tahun atau sekitar 60 sampai 70 gram per hari.

Sedangkan konsumsi ikan penduduk, Malaysia dan Singapura mencapai 56,2 kilogram dan 48,9 kilogram per kapita per tahun. (Balitbangkes, 2013)

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperkenalkan ikan sebagai salah satu bahan pangan serta mengajak masyarakat mulai mengonsumsi ikan yang menjadi salah satu sumber protein penting, Kementrian Kesehatan dan Kementrian kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menggalang sebuah Gerakan Memasyarakatkan Ikan atau GEMARIKAN.

Lewat pengenalan ini, Pemerintah Indonesia mengeluarkan penjelasan mengenai serba-serbi ikan serta identifikasi ikan yang layak dikonsumsi.

Manfaat Makan Ikan Untuk Kesahatan

Ikan merupakan hewan air yang memiliki gizi, mineral, nutrisi dan vitamin sehingga dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal dalam mencegah beberapa penyakit.

Beberapa penyakit yang dapat dihindari jika makan ikan dan manfaat makan ikan secara teratur yaitu:

  • Serangan Jantung
  • Alzheimer
  • Kanker
  • Kulit
  • Mencerdaskan Anak

(RWH)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x