Kamis, 28 Januari 2021
log
28 Nov 2020
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Asisten Perencana dan Anggaran (Asrena) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Letkol Laut (S) Dwiarmanto,S.T., M.Ak., M.Tr.Hanla., M.M., mengikuti pembacaan Taklimat Akhir Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan (Itjen Kemhan) yang berlangsung di ruang rapat Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, Nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (27/11/2020) siang.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa, Tim Wasrik Itjen Kemhan telah melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan Lantamal IV mulai tanggal 23 hingga 28 November 2020, selama enam (6) hari, Tim Wasrik telah bekerja dan menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat demi kebaikan jajaran Lantamal IV,” kata Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asrena Danlantamal IV.

Hasil pemeriksaan yang telah disampaikan oleh Tim Wasrik, lanjutnya, akan dijadikan sebagai bahan acuan untuk ditindaklanjuti ke arah perbaikan, sehingga diharapkan dapat mengelola pemanfaatan aset Barang Milik Negara (BMN) Lantamal IV secara baik dan benar.

Sementara, Auditor Madya Itjen Kemhan, Kolonel Arm Tri Setyawan selaku Ketua Tim Wasrik membacakan sambutan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan, Letnan Jenderal TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., mengatakan bahwasanya, berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan peninjauan dilapangan, serta hasil konfirmasi dengan staf Lantamal IV diketahui bahwa, tugas dan tanggungjawab Lantamal IV terhadap aset BMN beragam dan komplek.

“Hal ini mengharuskan Lantamal IV serta jajarannya untuk bertindak cepat dan cermat dalam menyelesaikan permasalahan pemanfaatan aset BMN sesuai pedoman dan ketentuan yang berlaku. Karena aset BMN berupa tanah dan bangunan merupakan salah satu unsur yang penting dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi TNI Angkatan Laut sehingga harus dikelola secara baik, benar dan akuntabel,” ujar Kolonel Arm Tri Setyawan.

Selain itu, sambungnya, pada realita di lapangan, belum sepenuhnya aset BMN di Lantamal IV dalam kondisi aman dan tertib seperti halnya, terdapat beberapa aset BMN berupa tanah yang dikuasai, diklaim dan menjadi obyek sengketa oleh pihak lain.

“Lantamal IV harus melaksanakan program pengamanan aset, berupa pengamanan fisik dan administrasi terhadap seluruh aset di lingkungan Lantamal IV yang berada dalam lingkup tanggung jawab sesuai daftar inventaris barang,” tutupnya. (RD)

0 0 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x