Minggu, 28 Februari 2021
log
Ikuti Kami di :
18 Feb 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Jika mengisi bensin di SPBU, maka kita akan melihat tanda untuk tidak memainkan ponsel. Tak hanya itu, petugas SPBU juga akan menyuruhmu untuk tidak menggunakan ponsel saat mengisi BBM.

Namun benarkah memang ponsel penyebab kebakaran saat mengisi BBM? Apakah hal tersebut hanya mitos belaka? Dijawab oleh Yuyu Wahyu selaku Peneliti dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI, ia mengatakan bahwa itu semua hanya mitos.

Ia menegaskan bahwa menggunakan ponsel di SPBU masihlah sangat aman. Hal ini karena sinyal dari base tranceiver station (BTS) yang ditransmisikan ke ponsel memiliki level yang kecil, sekitar -90 dBm (decibel-milliwatts).

Bahkan Yuyu menegaskan tak ada penelitian yang menyatakan bahwa bermain ponsel bisa memicu kebakaran di SPBU. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk meninggalkan ponsel sejenak ketika mengisi BBM di SPBU.

Sebab, menurut Peneliti Utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi, menggunakan ponsel di SPBU bisa memengaruhi akurasi takaran BBM.

Gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan ponsel dapat memengaruhi kinerja mesin elektrik pompa bahan bakar. (ER/Indozone)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x