Minggu, 13 Juni 2021
30 Mei 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat (Pussansiad) berhasil mengungkap pelaku peretasan website resmi milik salah satu Satuan TNI Angkatan Darat.

Dlam penangkapan ini Pussansiad bekerjasama dengan Kodim 0316/ Batam, Deninteldam I/BB dan Polresta Barelang.

Kronologi bermula, pada jum’at 28 Mei 2021 pukul 08.15 WIB Patroli Siber Pussansiad mendeteksi adanya aktivitas Web Defacement terhadap situs resmi milik salah satu Satuan TNI Angkatan Darat.

Berbekal dari temuan tersebut tim melakukan recovery sehingga situs kembali normal. Kemudian pengembangan dilakukan terhadap jejak digital pelaku hingga didapatkan informasi bahwa IP perentas tersebut berasal dari Kota Batam.

Selanjutnya data awal dari Pussansiad tersebut diserahkan kepada Tim Gabungan meliputi Kodim 0316/Batam, Deninteldam I/BB dan Polresta Barelang untuk pengembangan di lapangan.

Tak butuh waktu lama, Jumat 28 Mei 2021 sekitar pukul 22.30 WIB, 2 orang pelaku peretasan berhasil diamankan.

Kedua pelaku merupakan warga kota Batam dengan inisial BS (21) & AP (20), kedua pelaku memulai aktivitas peretasan situs website pada 2019 dan hingga saat ini tercatat sudah berhasil meretas sebanyak 45 situs dari berbagai Instansi.

Kedua pelaku peretasan situs milik TNI yang diamankan (ist)

Pelaku melanggar UU ITE Tahun 2008 Pasal 30 Ayat 3 yang isinya antara lain Perbuatan Illegal Akses yang terancam pidana penjara dan denda miliaran rupiah.

(RD/RILL)

5 2 votes
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x