Sabtu, 12 Juni 2021
Ikuti Kami di :
1 Jun 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, publik dibuat penasaran dengan drama panggung politik terkait desas-desus sosok yang bakal dicalonkan jadi Presiden dan Wakil Presiden. Terkini, muncul sebuah survei yang menghimpun Calon Presiden (Capres) alternatif berasal dari kalangan aparat Tentrara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Sebagaimana diketahui sebelumnya, sejumlah nama kuat yang digadang-gadang bakal maju dalam Pilpres 2024 mendatang mayoritas berasal dari politisi dan kader partai. Sebut saja ada sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Berbeda dari survei elektabilitas lainnya, kali ini sebuah survei daring yang dilaksanakan oleh Platform Nyari Presiden (Nyapres2024) merangkum sejumlah nama pertinggi TNI-Polri yang masih menjabat maupun purnawirawan alias pensiun dan layak maju dalam Pilpres mendatang.

Menghimpun laporan Tempo, nama Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian jadi tokoh muslim berlatar belakang aparat TNI-Polri yang dipercaya layak menjadi presiden atau maju jadi Capres 2024 nanti.

Adapun dalam survei tersebut, nama Gatot dipilih sebanyak 60,61 persen responden, sementara Tito dipilih oleh 15,19 persen responden.

“Nyari Presiden (Nyapres2024) merupakan platform untuk tujuan mendorong munculnya lebih banyak tokoh publik sebagai alternatif dalam Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden 2024,” ujar Koordinator Nyapres2024, Veri Junaidi dalam keterangannya, dikutip dari Hops pada Selasa, 1 Juni 2021.

Kemudian selain nama Gatot dan Tito, ada pula sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI Jenderal Andika Perkasa dengan torehan 9,69 persen, lalu nama Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko dengan 6,03 persen, Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan dengan 2,29 persen.

Selanjutnya, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 0,46 persen, dan terakhir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 0,38 persen.

Diketahui, sebanyak 3,66 persen responden tidak menjawab dan 1,68 persen memilih opsi lainnya.

Veri Junaidi mengatakan Survei Online Nasional dengan tajuk “Regenerasi Politik Indonesia: Tokoh Muslim Menjelang 2024 ini dilakukan terhadap 1.310 responden yang tersebar di 32 provinsi. Survei dilakukan dalam kurun waktu 17 April-10 Mei 2021.

Kuisioner survei disebarkan menggunakan jejaring media sosial melalui iklan Facebook dengan pilihan kategori penerima iklan sesuai sebaran provinsi responden dan berusia minimal 17 tahun. Veri mengatakan, margin of error survei ini 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (RWH/HOPS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x