Senin, 2 Agustus 2021
20 Jun 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim menerjunkan satu unit pesawat jenis Cassa Nurtanio (CN) dengan nomer seri A-2907 milik TNI Angkatan Udara (AU) dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) ke Natuna. Hal tersebut guna mendukung operasi udara dalam mengirimkan alat-alat kesehatan (Alkes) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pengiriman diawali dari Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kapten Pilot (KP) Mayor Penerbang (Pnb) Karma berhasil melakukan landing dengan mulus pada pukul 06.51 WIB atau 23.51 Universal Time Coordinated (UTC). Setelah melaksanakan proses loading dan unloading (pemuatan dan bongkar), pesawat melakukan take off (lepas landas) dengan sempurna menuju Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna sekira pukul 07.06 WIB, membawa kebutuhan logistik.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan operasi dukungan penerbangan sesuai Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara (PerKSAU) di Nomor 06 Tahun 2019 tanggal 18 Februari 2019.

“Operasi dukungan penerbangan ini sudah sesuai dengan PerKSAU, dimana dinyatakan bahwa tugas pokok Lanud Hang Nadim adalah menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya,” kata Letkol Pnb Iwan, Minggu (20/6/2021).

Terpisah, Direktur RSUD Natuna, dr Imam Syafari, menyampaikan terimakasih dan sangat mengapresiasi kepada TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Hang Nadim atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih kepada Lanud Hang Nadim atas bantuannya. Kita mengalami kesulitan pengiriman barang dan bahan habis pakai kebutuhan rumah sakit, dikarenakan sedikitnya frekuensi penerbangan Batam-Natuna. Makanya, kemarin atau hari ini pake pesawat AU. Natuna itu masalahnya di angkutan transportasi, soalnya kalau pakai kapal lama. Kita butuhnya cepat, karna kalau obat-obatan di beli banyak pakai kapal, dia kan ada batas expirednya, expirednya akan habis diperjalanan,” kata salah seorang staf RSUD Natuna itu.

Adapun Alkes tersebut terdiri dari bahan dan alat habis pakai kebutuhan radiologi dan laboratorium. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Populer

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x