2 Dataran 1 Figur: Tanda Hormat kepada Pemegang Regalia Kerajaan Riau Lingga

INIKEPRI.COM – Batam memiliki dua dataran atau lapangan yang sering dikunjungi warga, terutama di akhir pekan. Yakni Dataran Engku Putri dan Dataran Engku Hamidah.

Dataran Engku Putri sudah ada sejak berdirinya Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre di awal tahun 2000.

Lokasinya yang berada di pusat pemerintahan menjadikannya ramai dikunjungi warga untuk bersantai dan berolahraga. Di alun-alun Kota Batam ini juga berdiri Museum Batam Raja Ali Haji.

Sementara Dataran Engku Hamidah baru selesai dibangun di akhir tahun 2019. Taman baru ini ramai dikunjungi di malam hari. Lampu warna-warni yang ada di berbagai sudut taman, menjadi penarik.

Tahukah Anda, bahwa nama dua dataran ini ternyata diambil dari nama satu orang, yakni Engku Putri Raja Hamidah. Engku Putri ini adalah pemegang regalia Kerajaan Riau Lingga.

Regalia adalah seperangkat alat kebesaran kerajaan yang digunakan, antara lain, untuk kelengkapan penabalan (pelantikan) Sultan Riau-Lingga. Tanpa regalia, pengangkatan seorang sultan menjadi tak sah menurut hukum dan adat-istiadat Melayu.

Engku Putri tinggal dan dimakamkan di Pulau Penyengat Tanjungpinang. Pulau ini merupakan milik Engku Putri, karena menjadi mas kawin pernikahannya saat dipersunting Sultan Mahmud Riayat Syah.

Meski dimakamkan di Pulau Penyengat, nama Engku Putri harum di Batam. Selain menjadi nama dua alun-alun, juga menjadi nama jalan yang menjadi lokasi Kantor Wali Kota Batam.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri termasuk yang rajin berziarah ke makam Engku Putri Raja Hamidah di Penyengat. (RM)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!