Terjadi 100 Kebakaran di Tanjungpinang Pada Januari-September 2021

INIKEPRI.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, mencatat dari Januari hingga September 2021 telah terjadi 100 kasus kebakaran

Kasus kebakaran didominasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mencapai 40 kasus.

“Pemicunya ialah faktor manusia (human error), misalnya membuka lahan dengan cara sengaja dibakar saat musim panas,” kata Kepala Seksi Pemadam Kebakaran DPKP Tanjungpinang Derry Ambary, dilansir dari ANTARA Senin 20 September 2021.

Sementara selebihnya, kata dia, adalah kejadian kebakaran terjadi pada objek, seperti rumah, rumah toko (ruko), bengkel galangan kapal, meteran listrik, warung, rumah, gedung, dan sepeda motor yang dipicu korsleting listrik.

“Kalau kebakaran rumah, gedung dan sejenisnya rata-rata disebabkan arus pendek listrik,” ungkapnya.

Pihaknya memastikan kasus kebakaran yang terjadi selama periode Januari-September 2021, semuanya bisa ditangani DPKP dengan mengerahkan petugas dan mobil damkar.

“Alhamdulillah, tak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil saja,” ujarnya.

Pihaknya turut mengimbau kepada warga agar tidak membakar sampah sembarangan, apalagi ditinggalkan dalam keadaan masih menyala. Hal itu dapat memicu kebakaran hutan dan lahan di sekitarnya, terlebih saat musim kemarau dan angin kencang saat ini.

“Partisipasi aktif masyarakat adalah peran penting dalam aspek kesiagaan terhadap bencana. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” tutup Derry. (ET/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!