Raih Penghargaan APE Kategori Utama, Rahma Harapkan Tanjungpinang Jadi Kota Peduli Perempuan dan Anak

INIKEPRI.COM – Usaha dan kerja keras memang tidak pernah mengkhianati hasil. Upaya pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender selama 10 tahun, akhirnya berbuah manis.

Pasalnya, Tanjungpinang menjadi salah satu kota dari 58 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama.

Raihan APE tingkat utama ini menjadi bukti nyata keberhasilan, tidak hanya OPD pemko, tetapi juga stakeholder, dunia usaha, akademisi, lembaga masyarakat, serta komitmen kepala daerah dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang peduli perempuan dan anak, termasuk disabilitas dan lansia.

“Ini bukti kesungguhan dan kepedualian kita bersama dalam pembangunan responsif gender. Harapannya, Tanjungpinang ke depan menjadi kota yang peduli terhadap kaum perempuan dan anak,” kata Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Sabtu 25 September 2021.

Ia mengatakan, penghargaan APE tingkat utama yang dinanti selama 10 tahun ini, bukanlah sesuatu yang mudah dicapai. Namun, upaya itu butuh komitmen, sinergi, dan dukungan dari semua pihak.

“Sinergi dan kolaborasi bersama ini demi mewujudkan perempuan hebat, anak terlindungi, Indonesia maju, utamanya di Kota Tanjungpinang,” ujar Rahma.

Rahma pun menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam strategi pangurustamaan gender (PUG) di Kota Tanjungpinang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Mudah-mudahan ke depan prestasi ini dapat kita tingkatkan, paling tidak bisa dipertahankan,” harap dia.

Jangan jadikan prestasi ini sebagai tujuan akhir, tetapi sebuah motivasi untuk lebih baik lagi dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkualitas, inklusif dan berkelanjutan,” tambah Rahma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang Rustam menyebut, Indeks Pembangunan Gender (IPG) kota Tanjungpinang diketahui mengalami kenaikan dari 96,77 pada 2019 menjadi 96,97 di 2020.

Sedangkan, Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) mencapai 76,44 pada 2020, naik dibandingkan tahun 2019 sebesar 76,13.

Hal tersebut menunjukkan, IDG yang terdiri dari keterlibatan perempuan di dalam parlemen, tenaga manager, profesional, administrasi, teknis, dan sumbangan dalam pendapatan kerja di kota Tanjungpinang terus meningkat.

“Membaiknya IDG ini menunjukkan perempuan di Kota Tanjungpinang semakin menunjukkan perannya dalam pembangunan,” ucap Rustam.

Sebagai informasi, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Piala itu diberikan kepada Pemko Tanjungpinang, sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Untuk acara pemberian penghargaan Anugerah APE 2020 oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, akan dilakukan pada 13 Oktober 2021 mendatang secara daring.

Namun, penyampaian piala dan piagam penghargaan APE dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah diambil oleh DP3APM pada 23 September lalu di Jakarta, telah disampaikan kepada Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau. (ET)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!