Survei Ketua Umum PBNU: Marzuki Mustamar Kalahkan Said Aqil

INIKEPRI.COM – Survei Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) mengungkap Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Marzuki Mustamar menjadi kandidat favorit ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Bahkan, elektabilitas Marzuki mengalahkan petahana Said Aqil Siroj.

Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam menyebut tingkat keterpilihan Marzuki hampir 25 persen. Elektabilitas Marzuki pun unggul hampir 10 persen dari Said Aqil.


“Calon Ketua Umum PBNU yang didukung warga Nahdliyyin di posisi pertama adalah KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur, dengan dukungan tertinggi sekitar 24,7 persen,” kata Umam dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021) dilansir dari CNNINDONESIA.COM.

Posisi kedua pun tidak ditempati Said Aqil. Urutan kedua diduduki kiai asal Jawa Timur Hasan Mutawakkil Alallah dengan elektabilitas 14,8 persen.

Said Aqil hanya bertengger di posisi ketiga. Tingkat keterpilihan ketua umum petahana itu pun ditempel ketat oleh ulama kharismatik Bahaudin Nursalim.

“KH Said Aqil Siroj 14,8 persen yang juga incumbent Ketum PBNU saat ini, KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha 12,4 persen, KH Yahya Cholil Staquf 3,7 persen,” ucapnya.

Umam berkata hasil survei ini menunjukkan keinginan warga Nahdliyyin melakukan suksesi kepemimpinan. Menurutnya, nama-nama baru menjadi bukti betapa kuatnya keinginan itu.

“Munculnya nama-nama baru dengan dukungan warga Nahdliyyin yang memadai di bursa ini, juga bisa dipengaruhi oleh kuatnya aspirasi regenerasi kepemimpinan, untuk menghadirkan warna NU yang lebih fresh dan dinamis,” tuturnya.

Survei dilakukan pada 23 Maret- 5 April 2021 dengan melibatkan 1.200 orang responden. Sebanyak 30,2 persen responden menyatakan kedekatan dengan NU. Survei ini memiliki ambang batas kesalahan 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (RM/CNNINDONESIA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!