Inilah 5 Bos Kartel Narkoba Terkaya, Punya Harta Hingga Ratusan Triliun

INIKEPRI.COM – Salah satu bisnis “haram” yang menjanjikan harta berlimpah bagi pelakunya adalah bisnis narkoba.

Saking menggiurkannya bisnis narkoba, banyak yang mendirikan kartel agar bisnis narkobanya berjalan lancar.

Beberapa bos kartel narkoba pun meraup kekayaan fantastis, bahkan bisa menyaingi setengah produk domestik bruto sebuah (PDB) sebuah negara.

Dilansir dari INDOZONE, inilah 5 bos kartel narkoba terkenal dengan kekayaan terbesar sepanjang sejarah.

  1. Khun Sa
    Pria Myanmar ini dijuluki sebagai Raja Narkoba Asia Tenggara. Dia menguasai perdagangan dan penyelundupan opium di Segitiga Emas.

Bahkan, pemerintah Myanmar dan Thailand kala itu mendukung bisnis narkoba Khun Sa. Jaringannya yang merasuk hingga ke petinggi inilah yang membuatnya dijuluki “Raja Opium”.

Hingga akhirnya Khun Sa memutuskan menutup operasi karena diselidiki Badan Penindakan Narkoba AS. Dia menghabiskan sisa hidup dengan kekayaan mencapai Rp74 triliun.

  1. Ochoa Bersaudara
    Tiga bersaudara yang bernama Jorge Luis Ochoa Vasquez, Juan David Ochoa Vasquez, dan Fabio Ochoa Vasquez ini merupakan pendiri Kartel Medellin di Kolombia.

Ochoa bersaudara menjadi sangat sukses di bidang narkoba karena punya koneksi dengan bos kartel legendaris, Pablo Escobar.

Tiga bersaudara ini diperkirakan punya harta mencapai Rp95 triliun. Saking kayanya, mereka masuk daftar Crazy Rich versi Forbes dari tahun 1987 hingga 1992.

  1. Dawood Ibrahim Kaskar
    Dawood Ibrahim Kaskar berasal dari Mumbai, India dan merupakan salah satu kriminal paling diburu di tahun 2011. Dia dituding terlibat terorisme, perdagangan narkoba, pembunuhan, dan sejumlah kejahatan lain.

Penyelundupan dan pengiriman narkobanya juga sampai dipantau oleh Departemen Keuangan AS. Namun, pengaruhnya yang begitu besar membuat Dawood Ibrahim susah dibawa ke pengadilan. Dawood diyakini punya kekayaan sekitar Rp99,5 triliun.

  1. Semion Mogilevich
    Semion Mogilevich dijuluki sebagai bos mafia di Rusia. Dia mendulang kekayaan dari jual beli senjata, pemerasan, prostitusi, dan perdagangan narkoba.

Mogilevich memimpin keluarga mafia Rusia bernama Mafia Merah, yang ditakuti karena kekejamannya. Mogilevich ditaksir memiliki harta kekayaan hingga Rp141 triliun.

  1. Pablo Escobar
    Nama Pablo Emilion Escobar Gaviria memang sudah begitu melegenda sebagai bos kartel narkoba. Dia mendirikan Kartel Medellin di Kolombia bersama beberapa bos kartel lain.

Dia diperkirakan memiliki harta kekayaan hingga Rp479 triliun gara-gara kesuksesannya memasukkan kokain ke Amerika Serikat dalam jumlah banyak.

Namun, Pablo Escobar berakhir ditembak mati dalam sebuah operasi untuk menangkap dirinya di tahun 1993. (AFP/INDOZONE)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!