Puncak HAN 2022, Wako Rahma : Pentingnya Menjaga Hak-Hak Anak

INIKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menggelar acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepri, Rabu (27/7/2022).

Puncak perayaan HAN ini diisi dengan berbagai penampilan dari anak-anak kota Tanjungpinang seperti nyanyian, bercerita, permainan musik biola, hingga nonton bareng film karya sineas lokal bersama DP3APM dan Forum Anak Kota Tanjungpinang bertajuk “Mimpi Amanda”.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan peringatan HAN ini adalah momentum penting yang mengingatkan semua pihak, baik orangtua, guru, stakeholder, dan masyarakat untuk memperhatikan dan menjaga hak-hak anak dengan baik.

“Penting menjaga pemenuhan hak-hak anak dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA:

20 Pelaku Usaha Dibekali Cara Mengolah Ikan yang Baik, Wako Rahma Harapkan Bisa Jadi Pengusaha Besar

Wali Kota Rahma Sampaikan KUA PPAS APBD 2023

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi saat ini, peringatan HAN yang kita laksanakan setiap tahun ini semakin meriah. Ini berarti, hari ini anak-anak kita jauh lebih baik dan memiliki banyak kesempatan.

Artinya, hari ini pemenuhan hak-hak anak sudah terjamin dan semakin baik di kota Tanjungpinang.

Namun, kata Rahma, tentu harus ada kolaborasi yang baik antara orangtua, guru dan pendidik, maupun jaminan lingkungan di mana anak itu berada.

“Kalau ini kita bisa jaga dengan baik dan punya komitmen bersama yang tinggi, maka hari ini dan ke depannya anak-anak kita jauh lebih baik lagi,” tambah dia.

Seperti yang kita saksikan pada penampilan anak-anak tadi, mereka mampu tampil terbaik dihadapan kita semua. Artinya ini suatu bukti adanya kesempatan anak kita untuk berkreasi, berimajinasi bahkan hari ini bakat mereka bisa tersalurkan dengan baik.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pihak untuk saling berkolaborasi menjadikan anak-anak di kota Tanjungpinang menjadi anak yang hebat.

“Hari ini, kita perkuat kolaborasi, bangun sinergi untuk menjemput pemenuhan serta perlindungan anak dan perempuan lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan peringatan HAN ini dilakukan dalam rangka menumbuhkembangkan suasana yang kondusif untuk perlindungan anak dan pemenuhan hak anak.

“Momen ini juga menjadi sangat penting karena anak-anak merupakan aset bangsa, harapan ke depan generasi yang menentukan maju dan berkembangnya suatu daerah,” ucap Rustam

Untuk tahun ini, lanjutnya, peringatan HAN di kota Tanjungpinang dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan acara diantaranya, melakukan kegiatan rutin turun ke lapangan yang dilakukan secara sinergi bersama TP PKK, forum anak dan juga Puspaga.

Kemudian, kerja sama dengan berbagai OPD terkait, termasuk melakukan edukasi ke sekolah-sekolah dalam rangka pencegahan kekerasan dan perundungan terhadap anak.

Kita juga melakukan kampanye tentang stop pernikahan anak sekaligus pencegahan stunting, gerakan gemar membaca, juga edukasi kepada orangtua terhadap generazi Z dalam perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) juga memberikan penghargaan kepada mitra kerja dalam penanganan perlindungan perempuan dan anak atas dedikasi penanganan kasus di kota Tanjungpinang.

Penghargaan tersebut diserahkan Wali Kota Rahma kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Joko Yuhono, Kapolresta Tanjungpinang, Heribertus Ompusunggu, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Tanjungpinang, Elheryanto, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ahmad Husein, dan PATBM Tanjung Ayun Sakti.

Acara semakin semarak, tatkala Wali Kota Rahma bersama Ketua TP PKK, Agung Wira Darma memberikan quiz kepada anak-anak dan peserta.

Mereka terlihat antusias dan bersemangat untuk turut serta berinteraksi menjawab pertanyaan yang diberikan oleh wali kota dan ketua TP PKK. (DI)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!