Wali Kota Rahma Sampaikan KUA PPAS APBD 2023

INIKEPRI.COM – DPRD Kota Tanjungpinang menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pidato wali kota tentang nota kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD kota Tanjungpinang tahun anggaran 2023, Selasa (19/7/2022), di gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Kepri.

Pidato tersebut disampaikan Rahma dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, didampingi Wakil Ketua I, Novaliandri Fhatir dan Wakil Ketua II, Hendra Jaya.

BACA JUGA:

50 Pemuda Dibekali Keterampilan Wirausaha, Wako Rahma : Upaya Pemko Agar Pelaku Usaha Muda Bangkit Lagi

Serahkan Dokumen Readiness Criteria Revitalisasi Pasar Tanjungpinang, Wako Rahma : Semoga Segera Terlaksana

Wali Kota Rahma menyampaikan, penyusunan KUA PPAS tahun anggaran 2023 telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan pendapatan daerah.

Ia mengatakan, target pendapatan daerah kota Tanjungpinang tahun anggaran 2023 direncanakan sebesar Rp769 miliar.

Pendapatan asli daerah tersebut terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer dan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Menurutnya, PAD tahun 2023 direncanakan sebesar Rp145 miliar, angka itu terdapat selisih sebesar Rp4,14 miliar atau turun 2,7% dari pada tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp149 miliar.

Sedangkan untuk proyeksi pendapatan transfer pemerintah pusat tahun 2023 sebesar Rp614 miliar, terdapat selisih pada tahun sebelumnya sebesar Rp118 miliar atau turun 16% yaitu sekitar Rp732 miliar.

Sementara, untuk lain-lain pendapatan daerah yang sah, yakni sekitar Rp9,2 miliar dan mengalami selisih penurunan sebesar 3,2% dari tahun sebelumnya yaitu dengan jumlah Rp8,9 miliar.

Lebih lanjut, Rahma menambahkan, untuk tahun anggaran 2023 ini, sesuai dengan rancangan KUA PPAS yang telah disusun terhadap anggaran belanja daerah adalah sekitar Rp850 miliar.

Oleh karena itu, tambah dia, dari rencana pendapatan dan belanja sebagaimana yang disebutkan, maka terdapat defisit sebesar Rp81 miliar yang diperkirakan akan ditutup dari sumber penerimaan pembiayaan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya.

“Melalui kerja sama pemerintah kota bersama DPRD, maka penganggaran daerah tahun 2023 diharapkan akan semakin efektif dan berperan dalam pencapaian upaya untuk memakmurkan rakyat Tanjungpinang,” tuturnya. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!