Dukungan Transisi Energi Para Pihak di KTT ASEAN Ke-43

INIKEPRI.COM – Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN harus mencerminkan semangat negara-negara ASEAN ke depan. Salah satu yang perlu terus didorong adalah penggunaan energi ramah lingkungan.

Komitmen Indonesia untuk aktif dalam transisi energi dibuktikan dengan menyediakan kendaran listrik selama KTT di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang.

Demikian dikatakan Technical Support Wuling Fanda Dwitanto saat ditemui Tim Komunikasi dan Media di Car Pool Wuling, di Istora Senayan Jakarta, Minggu (3/9/2023).

BACA JUGA :

PLN Jamin Layanan Listrik pada KTT ke-43 ASEAN tanpa Kedip

Diskominfo Kepri Raih Piagam Apresiasi atas Perannya dalam Mendukung KTT Ke-42 ASEAN

Official Car Partner di KTT ke-43 ASEAN 2023 adalah Wuling Motors (Wuling) yang mengerahkan 150 unit Air-EV untuk mendukung mobilitas para delegasi konferensi.

“Kami diminta Sekretariat Negara untuk menyediakan unit Wuling Air-EV. Semua unit yang disediakan adalah unit baru, bukan kendaraan yang pernah digunakan pada KTT G20 lalu,” katanya menegaskan.

Unit Air-EV yang hadir adalah varian Long Range berwarna Pristine White. Di bagian pintu kanan dan kiri terdapat logo resmi KTT ASEAN 2023 serta tulisan ‘Shaping Clean Tomorrow’ yang merupakan semangat Wuling untuk berkontribusi dalam menciptakan udara yang lebih bersih di masa depan. Kemudian, motif batik khas Betawi yang terdiri dari gambar elang bondol dan melati dominan warna jingga dan ungu tua turut menghiasi bagian samping kendaraan. Pada kap depan, tersemat bendera merah putih. Terpampang tulisan “Made in Indonesia” di pintu bagasi, karena kendaraan listrik ini memang diproduksi di dalam negeri.

Air-EV Long Range sendiri mampu mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer dalam satu kali pengisian baterai penuh sehingga dinilai sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi nantinya.

Untuk mendukung kelancaran operasional selama KTT, di Car Pool Wuling tersedia 13 lokasi pengisian daya, tempat cuci mobil, juga bengkel kecil.

Hadirnya lokasi pengisian daya ini memperkuat sarana yang sudah disediakan oleh PT PLN. Selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung, PLN menyiapkan 79 EV charging, yaitu 74 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan lima Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Infrastruktur-infrastruktur ini disiapkan khusus untuk memenuhi kebutuhan 560 unit mobil listrik dan 240 unit motor listrik selama acara. (DI)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer