Jumat, 15 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
14 Des 2020
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Biaya hidup di sebuah kota memengaruhi kesejahteraan para penduduknya. Karena, tingkat tingginya hidup akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan, terutama yang berkaitan kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, dan papan.

Bila orang yang mempunyai penghasilan rendah namun tinggal di daerah dengan biaya hidup tinggi, maka pengeluaran akan terasa sangat mencekik.

Di Indonesia, setiap daerah memiliki tingkat biaya hidup yang berbeda, Badan Pusat Statistik ( BPS) telah merilis daerah-daerah dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Perhitungan biaya ini didasarkan atas formula pengeluaran tertinggi per kapita. Berikut ini 3 daerah dengan biaya hidup termahal di Indonesia dikutip dari laman resmi BPS, Senin (14/12/2020).

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta ditetapkan BPS sebagai daerah dengan biaya hidup paling termahal di Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis, menjadikannya sebagai provinsi terpadat di Indonesia.

Hal ini sangat berpengaruh pada biaya hidup yang tinggi, terutama terkait kebutuhan untuk tempat tinggal. Biaya hidup per kapita dicatat BPS di DKI Jakarta yakni sebesar Rp 2.156.112 per bulan.

“Pengeluaran bukan makanan satu orang penduduk DKI Jakarta sebanding dengan empat orang penduduk NTT,” tulis BPS dalam keterangan resminya.

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x