Gubernur Kepri Canangkan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil, Diawasi Spesialis Kandungan

INIKEPRI.COM – Sempena Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Kepri mencanangkan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil.

Secara serentak vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil ini akan digelar pada 25-30 September mendatang.

Bagi ibu hamil yang ingin divaksinasi, dapat mendaftar ke Puskesmas terdekat.

“Nanti pencanangan akan langsung diikuti oleh pelayanan vaksinasi di kabupaten dan kota, kecuali Batam. Karena Batam sudah jalan terlebih dahulu,” sebut Syaifuddin, Koordinator Bidang KBKR (Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi) pada BKKBN Provinsi Kepri, Selasa (21/9/2021).

Pencanangan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil oleh Gubernur Kepri ini, akan digelar pada 25 September mendatang di Rumah Sakit Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang. Untuk Kota Tanjungpinang sendiri ditargetkan 500 orang ibu hamil divaksinasi COVID-19 sepekan pencanganan tersebut.

Bagi ibu hamil yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19, dapat mendaftarkan diri RS Raja Ahmad Tabib dan tujuh Puskesmas yang ada di Tanjungpinang.

Untuk di kabupaten lainnya, dapat melakukan pendaftaran di Puskesmas terdekat.

Bagi para ibu hamil, tidak perlu was-was untuk melakukan vaksinasi. Karena selama prosesnya, diawasi oleh dokter spesialis kandungan.

“Ada form screening yang sudah disiapkan. Ada tiga vaksin yang diperbolehkan untuk ibu hamil, tapi kita pilih Sinovac yang paling ringan KIPI-nya,” ujar Dr. Zufri, Sp.OG, Dokter Spesialis Kandungan dari RS raja Ahmad Tabib.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil yang akan melakukan vaksinasi COVID-19. Yaitu usia kehamilan diatas 13 minggu.

Untuk beberapa keluhan seperti kaki bengkak, sakit kepala, tekanan darah tinggi dan beberapa gejala lain juga perlu diperhatikan.

“Karena itu tanda-tanda adanya preklamsia. Jadi ditunda dulu vaksinasinya. Untuk ibu hamil dengan penyakit penyerta jantung, diabetes, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid/hipotiroid, penyakit ginjal kronik, penyakit hati boleh jika terkontrol. Dibuktikan dengan surat dari dokter,” jelas Dokter Jufri.

Untuk ibu hamil yang akan melakukan vaksinasi COVID-19, juga disarankan untuk sarapan terlebih dahulu serta istirahat yang cukup.

Tidak perlu khawatir terjadi KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi), karena dapat langsung mendatangi rumah sakit milik pemerintah. Di Tanjungpinang ada tiga rumah sakit dan dua di Bintan yang dapat dijadikan rujukan KIPI. (ET)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!