Siap-Siap! Singapura Bakal Buka Pintu Untuk Pelancong RI

INIKEPRI.COM – Pemerintah Singapura akan membuka akses skema Jalur Perjalanan Vaksin (VTL) kepada pendatang asal Indonesia dan beberapa negara.

Hal ini memungkinkan pelancong asal Indonesia masuk ke negara itu tanpa karantina.

Mengutip Straits Times, hal ini disampaikan langsung oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) pada Senin (15/11/2021).

Untuk Indonesia dan India, VTL akan berlaku mulai 29 November mendatang dan untuk Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Arab Saudi mulai 6 Desember.

“CAAS dan Kementerian Kesehatan memantau dengan cermat situasi COVID-19 di seluruh dunia dan di setiap negara VTL, dan akan menyesuaikan tindakan jika diperlukan,” katanya.

Dengan skema ini, wisatawan dapat menyerahkan hasil tes negatif baik dari tes swab polymerase chain reaction (PCR) atau tes cepat antigen yang diberikan secara profesional.

Saat sampai di Singapura, pengunjung hanya perlu melakukan satu tes lagi. Bila hasilnya negatif, akan langsung dibebaskan untuk berkunjung.

Menteri Perhubungan S. Iswaran mengatakan saat konferensi pers oleh gugus tugas multi-kementerian COVID-19 bahwa negara-negara yang akan dibuka Singapura adalah semua tujuan penting.

Misalnya, India menyumbang sekitar 7% dari kedatangan penumpang di Bandara Changi pada 2019.

Sejauh ini, Indonesia, bersama India, Qatar, Arab Saudi dan UEA berada dalam Kategori Dua klasifikasi risiko COVID-19 Kementerian Kesehatan untuk tindakan perbatasan.

Sebelumnya Singapura telah membuka VTL ini dengan 16 negara lain. Tiga belas di antaranya sudah berlaku, dan tiga lagi dengan Malaysia, Swedia dan Finlandia akan dimulai pada 29 November.(DI/CNBCINDONESIA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!