Rp2,11 Triliun Disiapkan BI untuk Ramadan di Kepri

INIKEPRI.COM – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebanyak Rp2,11 triliun.

Kepala Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K Atmaja, dilansir dari ANTARA mengatakan, penyediaan uang tunai pada tahun ini meningkat 14,67 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,84 triliun.

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/ 2022 M, BI Kepri telah menyediakan uang tunai yang kebutuhannya diperkirakan sebesar 2,11 triliun rupiah,” kata Musni di Batam, Senin (4/4/2022).

Dan untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah tersedia dalam jumlah cukup dan kualitas layak edar, maka BI berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin tarik uang (ATM) dan mesin setor tarik (Cash Recycling Machine).

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan BI bersinergi dengan pihak perbankan untuk memberikan layanan yang prima dengan memfasilitasi penukaran uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai dan kualitas yang layak edar khususnya selama periode Ramadhan/Idul Fitri.

Pada tahun ini, BI juga menambah gerai penukaran, dari 109 lokasi pada 2021 menjadi 152 lokasi pada tahun ini.

Lokasi penukaran uang disebar di penjuru wilayah Kepri, yaitu 109 lokasi di Batam, 27 lokasi di Tanjungpinang, 11 lokasi di Karimun, dan lima lokasi di Natuna.

“Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 04 hingga 29 April 2022. Detail titik lokasi dapat dilihat pada http://tiny.cc/penukaranRamadhan,: kata dia.

Sedangkan penukaran uang di wilayah terpencil, terluar dan terdepan akan dilayani oleh kantor cabang Bank yang berada pada lokasi tersebut. (RBP/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!