DP3 Tanjungpinang Imbau Peternak dan Pedagang Hewan Kurban Lakukan Penyemprotan Disinfektan

INIKEPRI.COM – Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri mengimbau peternak, pedagang, dan dewan kemakmuran masjid (DKM) untuk melakukan penyemprotan disinfektan terhadap hewan kurban guna mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Sampai saat ini Tanjungpinang masih bersih dari PMK, tapi untuk antisipasi, saya imbau lakukan penyemprotan disinfektan terhadap hewan kurban,” kata Yoni, di kantor DP3 Tanjungpinang, Kepri, Kamis (30/6/2022).

Ia menambahkan, cairan disinfektan ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan pemutih pakaian yang dicampurkan dengan air. Caranya dengan perbandingan 27 ml pemutih pakaian dan air 1 liter air.

“Kemarin DP3 bersama BPBD juga sudah melakukan penyemprotan ke kandang-kandang peternak,” ucapnya.

BACA JUGA:

Pemko Tanjungpinang Beri Label Khusus Hewan Kurban Bebas PMK

Untuk mencegah PMK menjelang hari raya iduladha ini, Yoni mengatakan, pihaknya melakukan dua tahap pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban.

Pertama, pemeriksaan dilakukan di kandang dan di pasar hewan ternak. Pemeriksaan kedua dilaksanakan tepat pada hari raya kurban di masjid-masjid dan tempat pemotongan sapi kurban untuk pemeriksaan ante mortem sebelum penyembelihan dan postmortem setelah disembelih.

“Pada hari H nanti, tim dokter DP3 akan turun bersama tim dokter dari badan karantina dan juga Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI),” ujarnya. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!