Dinsos Tanjungpinang Mengalihkan Perawatan Dua Lansia ke Rumah Bahagia KSK

INIKEPRI.COM – Dinas Sosial Tanjungpinang melalui rumah bahagia Embung Fatimah mengalihkan perawatan dan pengasuhan dua orang lanjut usia (lansia) ke rumah bahagia KSK Tanjungpinang, Kepri, Kamis (28/7/2022).

Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fatah mengatakan pengalihan tersebut dalam rangka untuk mengoptimalkan dan memberdayakan peran lembaga kesejahteraan sosial dalam mengelola lansia terlantar yang ada di Kota Tanjungpinang.

BACA JUGA:

Gandeng IROPIN, Dinsos Tanjungpinang Gelar Baksos Untuk Lansia

Dinsos Tanjungpinang Bersama Sentra Abiseka Pekanbaru Serahkan Bantuan Atensi untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas

“Sehingga kuota yang ada di rumah bahagia Embung Fatimah dapat dimanfaatkan untuk mengelola lansia terlantar lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan Fatah, awal mulanya, lansia yang bernama Tn. Am (68) masuk ke rumah bahagia Embung Fatimah sejak Januari 2019 karena ditemukan terlantar di sekitar Senggarang dan dilaporkan oleh aparat kelurahan setempat.

Sedangkan, seorang lansia atas nama Tn. G (66) ditemukan terlantar di sekitaran Batu 5 dan oleh warga diantar ke Dinsos pada September 2021 lalu.

Sesuai dengan kewenangannya, dinsos yang menyelenggarakan tugas di bidang sosial, termasuk penanganan lansia terlantar dalam hal meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan dan terpenuhinya kebutuhan dasar lanjut usia, khususnya lansia terlantar.

Kemudian, menyediakan pelayanan dan perawatan agar para lanjut usia dapat lebih mudah menjalani kehidupan sehari-hari, dan agar lansia merasa aman, tentram dalam menjalani usia tua.

Karena adanya keterbatasan sumber daya yang ada, maka Dinsos Tanjungpinang melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan Yayasan Swasta yang bergerak di bidang penanganan dan perawatan lansia agar penanganan lansia terlantar menjadi lebih optimal.

“Dengan adanya pengalihan pengasuhan dan perawatan kedua lansia tersebut, diharapkan mereka menjadi lebih betah dan dapat dirawat secara maksimal,” ucap Fatah.

Pimpinan Yayasan KSK Tanjungpinang, Rusdiana mengaku dengan senang hati untuk merawat lansia terlantar di yayasan yang dikelolanya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang ada, agar lansia tersebut tetap sehat dan dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya dalam menjalani usia tua.

“KSK akan terus bekerja sama dengan dinsos dalam menangani lansia terlantar sesuai dengan kepasitas yang ada,” pungkas dia. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!