Membangun Potensi Digital Kota Tanjungpinang

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Tanjungpinang, bertempat di Aula UMRAH, Dompak, Kota Tanjungpinang.

INIKEPRI.COM – Tidak terbantahkan bahwa saat ini merupakan era digital dimana kemajuan teknologi telah memudahkan banyak aspek kehidupan manusia.

Dari aplikasi pintar yang memudahkan kita berbelanja hingga Cryptocurrency yang menjebol norma finansial dunia. Potensi dari teknologi ini sangat besar, sehingga Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di asia pun memiliki potensi yang sangat luar biasa, ditambah lagi dengan bonus demografinya untuk menjadi pemimpin di ekonomi digital.

Pada hari Kamis, 25 mei 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital bekerja sama dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang,, Kepulauan Riau, menyelenggarakan Roadshow pertama wilayah Kepri dengan tema “ mengembangkan Inovasi Digital untuk membangun potensi daerah”

BACA JUGA :

Gekrafs Kepri Gelar ‘Kreatif Talk’, Dihadiri CEO dan Founder LIVE dari Amerika Serikat

Kegiatan ini merupakan rangkaian awal Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam memperkenalkan potensi digital Kepri dalam bentuk pengembangan Startup serta menanamkan pola pikir kewirausahaan untuk semua lapisan masyarakat.

Kegiatan Roadshow ini mencakup tiga topik utama yaitu: Pengenalan Startup, Pengalaman Membangun Startup Digital, dan Potensi Pengembangan Startup di Daerah.

Adapun dalam Roadshow tersebut menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Seperti CEO Piposmart, Bob Nainggolan, Ketua GEKRAFS Kepri, Stephane Gerald Martogi Siburian, Startup lokal Tanjung Pinang, Hendro Dwi Yunianto dan juga tidak lupa Kepala UPA pengembangan karir dan kewirausahaan UMRAH, Dr. Rafki Rasyid, SE.,MM.

Dengan berhasil diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang didominasi oleh Mahasiswa, dosen dan praktisi ekonomi kreatif di Tanjungpinang acara ini juga menjadi sarana membangun relasi strategis dengan para individu kreatif yang kedepannya diharapkan dapat menjadi mitra bersama dalam membangun startup, sekaligus mengambil bagian dalam menggerakan ekosistem digital di Tanjungpinang.

“Kami sangat senang bahwa Gerakan ini menyambangi kampus kami karena ini akan menjadi sebuah kesempatan besar dan juga Challenge bagi seluruh civitas akademika dan juga masyarakat untuk memulai bisnis digitalnya, jadi jangan disia-siakan,” ujar Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA.

Sementara itu, Kepala Program 1000 Startup Digital, Sebastian Alex Dharmawangsa dalam sambutannya, berharap, dengan kegiatan ini akan lahir para entrepreneur digital di Kota Tanjungpinang.

BACA JUGA :

Apresiasi Ketegasan Pemko Batam, GEKRAFS Kepri: Semoga Tidak Tebang Pilih

“Melalui Gerakan ini kemenkominfo sebagai Enabler berharap banyak lahir entrepreneur digital di kota tanjung pinang, dan kita berharap akan lahir Unicorn baru dari Kepri,” harapnya.

Di tempat yang sama juga, Stephane Gerald Martogi Siburian, Ketua GEKRAFS Kepri menambahkan bahwa sangat beruntung bahwa gerakan seperti ini langsung hadir di kampus tanpa harus mencari di luar. “Ekonomi digital sangat krusial untuk pembangunan daerah sehingga harus dimulai sekarang, melalui gerakan ini,” kata Stephane.

Hendro Dwi Yunianto, salah satu penggerak startup lokal juga menyemangati peserta roadshow untuk jangan takut dan jangan minder hanya karena dari tanjung pinang. “Justru harus bergerak karena salah satu startup terbaik di Gerakan nasional 1000 startup digital kepri tahun lalu berasal dari kota tersebut,” sebutnya.

Dengan kesuksesan acara yang diraih oleh tim Regional Office wilayah Kepri, Arseto selaku Program and Partnership Manager optimis bahwa pelaksanaan rangkaian kegiatan #1000startupdigital setelah ini akan dapat berjalan dengan baik.

“Juga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat serta anak muda yang memiliki potensi yang kaya akan inovasi dalam menciptakan solusi digital dari permasalahan yang ada,” ucapnya.

Kesuksesan perhelatan Roadshow Gerakan Nasional #1000StartupDigital wilayah Tanjung Pinang 2023 tidak lepas dengan banyaknya partisipasi dan kolaborasi aktif dari seluruh ecosystem partner yang ada, yaitu: Universitas Maritim Raja Ali Haji, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional – Kepri, Piposmart Indonesia, Starry.id, StartupBatam, Dinas Kominfo Kepri dan masih banyak lagi pihak yang mendukung.

Untuk diketahui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ada pun ekosistem program ini mencakup kegiatan-kegiatan: #Hack4ID (kegiatan ideathon yang diadakan secara luring), Hacksprint (bimbingan intensif validasi solusi dan produk selama satu bulan), Bootcamp (program mentorship guna mencapai strategi go-to market yang tepat), dan HATCH (inkubasi tim, produk, dan bisnis intensif selama 3 bulan).

Untuk informasi lebih lanjut serta pendaftaran peserta program ini dapat diakses melalui web www.1000startupdigital.id atau melalui instagram di @1000startupdigital. (MIZ)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer