Karya Nyata Cen Sui Lan, Bikin Mulus Jalan di Siantan-Anambas

Perjuangan Cen Sui Lan untuk membangun daerah perbatasan NKRI dengan negara tetangga, juga ditujukan terhadap Desa Lingai dan Desa Tiangau di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas ini.

Pembangunan untuk Desa Lingai juga diprioritaskan terhadap akses transportasi lewat program PISEW. Kini, jalan di desa tersebut sudah tak ada yang lagi yang dirisaukan. Semua mulus dengan kualitas yang pantas diberikan aplaus.

Untuk Desa Tiangau, Cen Sui Lan memberikan perhatian lebih. Bukan cuma pembangunan dan penataan jalan. Tapi, Desa Tiangau dipoles lebih menawan agar menjadi desa wisata yang menarik kunjungan wisatawan asing. Misi itu pun terwujud. Cen Sui Lan ingin menjadikan Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Anambas.

BACA JUGA :

Cen Sui Lan Bikin Objek Wisata Pantai Sedanau di Natuna Lebih ‘Bedelau’

Lihat Keadaan Keluarga Suku Laut di Pulau Gare Batam, Cen Sui Lan Teteskan Air Mata

Justru itu, melalui aspirasinya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan. Tahun anggaran 2023 ini, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi sebesar Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau. Anggaran tersebut terbagi dalam berberapa program infrastuktur berbasis masyarakat. Seperti untuk program PISEW sebesar Rp500 juta, program bedah rumah sebesar Rp1 miliar.

Kondisi jalan di wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri sebelum dibangun lewat program PISEW aspirasi Cen Sui Lan. Foto: Istimewa

“Program Bantuan Desa Wisata Rp400 juta. Program Pamsimas Rp350 juta. Program PJU-TS Rp250 juta. Sisanya dalam kegiatan bansos infrastruktur lainnya. Bu Cen Sui Lan orangnya jempolan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat kecil, seperti kami di daerah perbatasan negara ini,” ungkap Khermansyah Kepala Desa Tiangau.

Upaya pembangunan ini sudah mulai digesa oleh Cen Sui Lan, dengan mengalokasikan dana aspirasi berupa Penataan Kawasan Arung Hijau Desa Tiangau dengan Program Pembangunan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.

“Kita selesaikan dan kita kepung Desa Tiangau dari seluruh program infrastuktur berbasis masyarakat,” ujar Cen Sui Lan, baru-baru ini.

Cen Sui Lan juga memperindah kawasan wisata Desa Tiangau dengan merenovasi rumah-rumah sebanyak 50 unit pada tahun anggaran 2023 ini, agar semakin rapi dan indah.

BACA JUGA :

Aspirasi dari Cen Sui Lan, HKBP Distrik Kepri Akan Dibangun Gedung Serbaguna

Sebelumnya, dari dana aspirasi Cen Sui Lan, juga telah dialokasikan untuk pembangunan jalan di bibir pantai, sepanjang 500 meter. Jalan ini sebagai sarana pendukung Desa Tiangau, sebagai Desa Destinasi Wisata.

Tak perlu diragukan lagi, itu bukti nyata keberhasilan Cen Sui Lan melalui program PISEW tahun anggaran 2023 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kini, jalan di wilayah Kecamatan Siantan sudah mengilap seluas mata memandang. (MIZ)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer