Buset! Hampir 5 juta Pelanggan PLN Yang Alami Lonjakan Tagihan Listrik

Batam, inikepri.com – Sejak awal Juni 2020, beberapa masyarakan kelukan lonjakan tagihan listrik. Ternyata PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebutkan hampir 5 juta pelanggan PLN seluruh Indonesia mengalami kenaikan.

Tagihan listrik yang melonjak itu dikatakan akibat dari pemakaian yang meningkat selama masa PSBB. Laman idxchannel menulis bahwa PLN akan memberikan kebijakan relaksasi kepada para pelanggan yang mengalami pelonjakan tarif.

PLN juga melaporkan bahwa selama sekitar 5 persen masyarakat pelanggan PLN menggunakan listrik lebih besar dibandingkan waktu normal. Hal itu karena seluruh kegiatan sekolah dan bekerja dari rumah atau Work From Home.

“Adanya peningkatan lonjakan tarif yang dikeluhkan di masyarakat ini, murni dari pemakaian listrik selama PSBB berlangsung. Tarif listrik rata-rata selama tiga bulan sebelumnya sampai bulan juni ini memiliki tagihan listrik yang diakumulasi karena melebihi dari rata-rata perhitungan,” jelas Direktur Niaga dan Manajemen pelanggan PT PLN Bob Saril dilansir laman idxchannel pada Selasa 8 Juni 2020.

Bob juga membantah adanya subsidi silang terhadap golongan tertentu sehingga menyebabkan tagihan golongan lain yang justru membengkak. Meski demikian ia mengatakan akan ada kebijakan keringanan yang diberikan.

“PLN menyiapkan sejumlah kebijakan kepada pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan listrik dengan mencicil kenaikan tagihan yang diberikan untuk kenaikan tagihan 20 persen ke atas.”

Itu artinya pelanggan hanya membayar 40 persen kenaikan tagihan pada Juni, sedangkan sisanya 60 persen dapat dicicil selama tiga bulan ke depan.

Sementara itu, terkait adanya keluhan pemblokiran ID pelanggan di sejumlah media sosial, Bob mengatakan pihaknya menyebutkan bahwa itu hanya kesalahan penamaaan.

“Pihak kami hingga saat ini masih dan akan terus berusaha untuk melakukan pendataan ulang dengan lebih berhati-hati,” jelasnya.

Hops

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer