Jumat, 23 April 2021
17 Des 2020
Ilustrasi (ist)
Ilustrasi (ist)

INIKEPRI.COM – Rapid test, swab antigen, dan test PCR merupakan istilah yang populer sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Istilah ini digunakan masyarakat guna mengetahui kemungkinan terinfeksinya Covid-19.

Masyarakat sangat sering menemukan ketiga istilah tersebut di berbagai media. Biar agar tidak bingung saat melakukan pemeriksaan tidak ada salahnya untuk mengingat kembali tentang rapid test, swab antigen, dan test PCR.

1. Rapid Test

Rapid test digunakan hanya untuk melihat keberadaan antigen dan antibodi. Pengujian ini biasa dilakukan melalui pengambilan sampel darah dari tubuh pasien. Rapid test akan mengenali protein antibodi dalam sampel tersebut.

Saat ini, rapid test tidak bisa berbuat banyak kecuali memuaskan rasa ingin tahu. Menurut Dr Aneesh Mehta, akurasi rapid test berisiko tidak akurat apabila dilakukan pada yang belum pernah terinfeksi virus corona.

Kepala layanan penyakit menular di Emory University Hospital di Atlanta mengatakan, antibodi yang terdeteksi sebetulnya untuk virus corona secara umum bukan spesifik Covid-19.

“Ada banyak informasi yang dapat kami peroleh dari pengujian rapid test jika kami mengumpulkannya dari waktu ke waktu. Hanya karena kami dapat mendeteksi antibodi, tidak berarti Anda terlindungi sepenuhnya dari infeksi itu,” kata Mehta.

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x