Senin, 1 Maret 2021
log
Ikuti Kami di :
17 Feb 2021
(Twitter)
(Twitter)

INIKEPRI.COM – Fenomena salju di Arab Saudi sudah beberapa kali terjadi. Namun hal ini selalu mengejutkan masyarakat dunia, karena disebut sebagai tanda akhir zaman atau kiamat.

Karena dalam sejarahnya, Arab Saudi dikenal sebagai negara bersuhu panas. Akan tetapi, ternyata tak menutup kemungkinan kalau salju turun di daerah arab tersebut.

Fenomena langka terjadi di wilayah kota Tabab, Abha, Arab Saudi pada Selasa (9/2) lalu. Pasalnya, di wilayah tersebut, gunung dan jalan diselimuti salju.

“Salju jatuh di kota Tabab (di Abha) pada siang sore dan langsung diikuti oleh embusan angin dingin,” kata badan meteorologi Arab Saudi.

Sementara itu, menurut keterangan Kantor Berita Arab Saudi (SPA), sebelum gunung dan jalanan diselimuti salju, hujan deras terlebih dulu turun.

SPA juga menyebut, salju turun di Khamis Mushayt, Al-Souda Center, Ballahmar, Tanuma dan area di sepanjang gunung Sarawat.

Wilayah Abha, Arab Saudi tertutup salju usai badai musim dingin. (Foto: Rashud Al-Harithi/via REUTERS)

Diketahui, salju yang turun di Kota Tabab, wilayan Abha, Arab Saudi ini ternyata bukan yang pertama kalinya di negara Arab. Sebelumnya, salju juga sempat turun di beberapa kota dan wilayah lainnya.

Pada Januari 2020 lalu, penduduk Tabuk juga merasakan hal yang sama nih. Kota yang berada sekitar 193 kilometer dari Laut Merah ini dikelilingi salju hingga mencapai nol derajat.

Namun, dinginnya salju mungkin tak menjadi masalah karena Tabuk merupakan salah satu daerah terdingin di Arab Saudi. Biasanya, wilayah Tabuk bisa mencapai suhu sekitar minus 4 derajat.

Fenomena turunnya salju di Arab Saudi ternyata sudah bukan hal aneh lagi. Pasalnya, negara itu memang sering mengalami hujan salju. Hujan salju juga pernah terjadi beberapa waktu sebelumnya.

Pada November 2020, Arab mengalami perubahan cuaca yang ekstrem sehingga menyebabkan beberapa gurun berada pada suhu di bawah nol derajat. Perubahan suhu ini lah yang membuat salju ikut menyelimuti gurun. Bahkan pada Januari 2016, salju turun di Kota Makkah untuk pertama kalinya setelah 85 tahun. (ER)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x