Minggu, 1 Agustus 2021
2 Jul 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan aparatur DPKP tahun 2021.

Kegiatan yang diikuti 31 petugas DPKP itu berlangsung di halaman kantor dinas perhubungan kota Tanjungpinang, Kamis (1/7/2021).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Hantoni menjelaskan latihan ini rutin dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas pemadaman guna mencapai waktu tanggap (respon time) 15 menit.

“Waktu tanggap itu adalah waktu layanan petugas damkar sejak diterimanya laporan, persiapan, waktu perjalanan hingga sampai proses pemadaman dimulai dengan penyemprotan air,” kata Hantoni.

Dalam kegiatan ini, lanjut Hantoni, petugas diberikan pelatihan fisik, perekaman waktu anggota pemakaian APD per regu dari setiap pos, perekaman waktu anggota dalam persiapan pemadaman, mulai dari tiba di lokasi kejadian, gelar selang, hingga penyemprotan.

“Dari hasil pelatihan, pencapaian waktu tanggap yang diperoleh masing-masing regu dan komunikasi dalam tim sudah sangat baik. Namun, operator armada masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Ke 31 petugas pemadam kebakaran itu, diberikan pelatihan oleh anggota DPKP Kota Tanjungpinang yang sudah bersertifikat Inspektur Pemadam TK I.

“Dengan memberikan pelatihan secara rutin kepada petugas pemadam kebakaran. Petugas DPKP memiliki bekal keahlian dalam penanganan kebakaran dengan cepat, tepat, dan benar,” tutupnya. (ET)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Populer

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x