Jualan Saus, Cheng Xue Berharta Rp112 Triliun

INIKEPRI.COM – Cheng Xue, wakil ketua pembuat kecap Foshan Haiti Flavouring of China, termasuk salah satu orang terkaya dunia.

Ia dikenal sebagai sosok yang misterius yang tidak banyak diketahui banyak orang. Diketahui, Cheng memegang 9% saham di perusahaan, yang direstrukturisasi dari perusahaan kolektif menjadi perusahaan terbatas pada tahun 1995.

Rekan miliarder Pang Kang ini memimpin Haiti dan memiliki kekayaan bersih USD7,8 miliar (Rp112 triliun). Dilansir dari WARTAEKONOMI, perusahaannya, Foshan Haiti Flavouring & Food Co. Ltd adalah perusahaan publik China yang memproduksi saus dan penyedap. Mereka adalah produsen kecap terbesar di dunia.

Perusahaan yang berbasis di Guangdong ini diketuai oleh Pang Kang. Penjualan pada tahun 2012 sekitar tujuh miliar yuan.

Pada tahun 2010, perusahaan ini menguasai 16 hingga 19 persen pasar kecap China. Pesaing utamanya termasuk Kikkoman dan Lee Kum Kee. Perusahaan juga memproduksi saus dan bumbu lainnya seperti saus tiram, hoisin, udang dan cuka.

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada abad ketujuh belas sebagai sekelompok pabrik saus di Foshan. Pada tahun 2007, perusahaan dibeli oleh karyawannya dari pemerintah Foshan. Hingga pada tahun 2014 melantai di Bursa Efek Shanghai dalam rangka mengumpulkan dana untuk ekspansi. Perusahaan mengumpulkan 3,84 miliar yuan setelah menjual 74,85 juta saham. (ER/WARTAEKONOMI)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!