Tantangan 20 Tahun Membangun Kota Otonom Tanjungpinang di Masa Pandemi

INIKEPRI.COM – Sejak adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Tanjungpinang pada 21 Juni 2001, tepat 17 Oktober 2021, genap sudah 20 tahun usia Kota Tanjungpinang sebagai Kota Otonom, suatu usia yang masih sangat muda namun mempunyai cita-cita besar untuk menghadirkan kemajuan Kota Tanjungpinang.

Dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan selama 20 tahun terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang, sudah banyak perubahan dan berbagai pencapaian. Namun, ke depan lebih banyak lagi yang harus kita kerjakan untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks dan dinamis seperti saat ini kita masih diuji dengan adanya pandemi covid-19.

Ini merupakan tantangan bagi kita untuk tetap memberikan perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang sekaligus tetap melaksanakan pembangunan daerah. Hal ini, dilakukan tidak lain demi mewujudkan cita-cita “Tanjungpinang Sebagai Kota yang Maju, Bebudaya, dan Sejahtera dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”.

Sejalan dengan cita-cita itu, di tahun 2021, peringatan Hari Jadi ke 20 Kota Otonom Tanjungpinang mengangkat tema “Tanjungpinang yang Harmonis, Aman, Ramah, Unggul, dan Madani (Harum)”. Tema ini mencerminkan masyarakat Tanjungpinang menyatu dalam kebersamaan dengan gotong royong dalam segala segi tatanan kehidupan masyarakat serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang demokratis dan ketakwaan.

Dalam perjalanan mengisi pembangunan Kota Otonom Tanjungpinang, Selama kurun 2020, masa pemerintahan Syahrul-Rahma, dilanjutkan Rahma-Endang, mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kualitas manusia yang ditunjukkan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 78,91 poin. IPM ini menempati urutan kedua tertinggi di Provinsi Kepri, nilai tersebut melampaui IPM Provinsi Kepri 75,59 dan IPM Nasional 71,94 poin. Selain itu, inflasi mampu ditekan pada angka 1,66%.

Kegigihan dan inovasi pemerintah Kota Tanjungpinang bersama stakeholder dalam menekan angka inflasi ini pun berbuah manis. Pada 25 Juli 2019, Kota Tanjungpinang memperoleh penghargaan TPID terbaik se-Sumatera untuk tingkat nasional. Sejak itu, prestasi TPID Kota Tanjungpinang dalam pengendalian inflasi hingga kini dapat dipertahankan.

Dari sisi realisasi pembangunan infrastruktur, secara bertahap berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur diantaranya pembangunan, perbaikan, dan penambahan Panjang jalan yang terbangun sepanjang 5,5 Km, jumlah panjang jalan dalam kondisi mantap yang meningkat dari 235,8 Km menjadi 243,19 km, persentase drainase dalam konidisi baik meningkat dari 28,25% menjadi 28,75%, telah ditangani titik genangan air yang berkurang mencapai 7,4%, persentasi Rumah Layak Huni dari 8,85% menjadi 11,59%, dan luasan Kawasan kumuh menurun dari 64,52% menjadi 24,95%..

Sejumlah proyek strategis diberbagai sektor pun dikerjakan Pemerintah Kota Tanjungpinang diantaranya pembangun Quran Center, pembangunan Puskesmas Sei Jang, peningkatan tugu Adipura, revitaslisasi pasar Potong Lembu. rehabilitasi beberapa gedung kantor, dan pembangunan kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota.

Progress penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi komitmen pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memberikan pelayanan public terbaik. Di tahun 2021, sedang dilaksanakan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tanjungpinang yang dipusatkan di Jalan Agus Salim (Gedung Perpustakaan dan Kearsipan). Pembangunan MPP dilaksanakan dalam 2 tahap sampai tahun 2022.

Peningkatan, perbaikan, dan pemasangan lampu penerangan jalan umum di sejumlah ruas jalan masyarakat pun tak luput dari perhatian Rahma. Pembangunan, perbaikan, hingga pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) terus mengalami peningkatan, yang terpasang dari 60,82% menjadi 71,30% dengan total lampu PJU sampai dengan selesai pembangunannya sebanyak 6.637 titik yang tersebar di jalan-jalan protokol hingga pemukiman perumahan warga.

Dalam bidang Pendidikan, di masa kepemimpinan Rahma, program seragam sekolah gratis untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terus direalisasikan yang tujuannya untuk meringankan beban orangtua murid. Di tahun 2021 seragam sekolah gratis berikut perlengkapannya telah diberikan kepada 3.666 siswa SMP dan 3.604 siswa SD Negeri dan Swasta. Sedangkan, realisasi dari program Indonesia Pintar untuk 3.145 siswa SD sebesar RP1.288.725.000 dan 2.031 siswa SMP sebasar Rp1.247.250.000.

Pada bidang Kesehatan, telah terealisasi diantaranya, sarana prasarana kesehatan, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana Posyandu, Polindes, Polkes, dan Pustu. Kemudian, adanya peningkatan persentase kepemilikan JKN KIS bagi penduduk miskin dari 21,91% menjadi 22,08%, peningkatan satatus kelulusan akreditasi Puskesmasn dari 28,57% menjadi 42,68%, angka kematian Ibu per 100.000 kelahiran hidup turun dari 202,53 menjadi 130,85, dan penanganan penyebaran covid-19 hingga percepatan vaksinasi.

Sejak dihadapkan situasi pandemi Covid-19 di awal 2020, penyebaran Covid-19 sempat membuat kondisi kota mengkhawatirkan hingga pemerintah pusat menetapkan Tanjungpinang berstatus darurat hingga PPKM level 4 dan level 3. Namun, berkat upaya, kerja keras, dan kolaborasi pemerintah Kota Tanjungpinang bersama TNI, Polri, tenaga kesehatan, dan seluruh unsur masyarakat berjuang bersama mengatasi penyebaran covid-19, Tanjungpinang menjadi satu-satunya kota di Provinsi Kepri yang berhasil turun ke PPKM level 1. Saat ini, pada Jumat 15 Oktober 2021, kasus aktif di Kota Tanjungpinang berjumlah 33 orang.

Untuk membentuk herd immunity, percepatan vaksinasi terus digencarkan pemko Tanjungpinang di sejumlah titik kepada total sasaran 170.030 penerima vaksin usia 18 tahun ke atas dan 12-17 tahun. Hingga Selasa 15 Oktober 2021, capaian vaksinasi usia 18 tahun ke atas untuk dosis satu mencapai 84,50% atau 130.338 orang dan dosis kedua mencapai 66,38% atau 102.394 orang dari target sasaran sebanyak 154.242 orang. Sedangkan, untuk penerima suntikan dosis pertama kepada usia 12-17 tahun mencapai 87,00% atau 102.394 anak dan dosis kedua tercapai 72,22% atau 17.182 orang dari target sasaran 23.788.

Atas usaha itu, pada 28 Juni 2021, sebagaimana target capaian vaksinasi 50% dari Gubernur Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang berhasil melebihi target tersebut. Alhasil, Kota Tanjungpinang memperoleh penghargaan dari Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Selama kurun waktu 2020 pula, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi terus ditingkatkan untuk mewujudkan Tanjungpinang sebagai Kota Pintar (Smart City), Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai leading sector telah melaksanakan program Gerakan Tanjungpinang Menuju 100 Smart City, program ini pun menghasilkan Masterplan dan Quick Win Smart City melalui progress 3 (tiga) quckwin di tahun 2019 yakni kepariwisataan, kesehatan, dan integrasi data.

Di tahun 2021, pengembangan teknologi informasi dilakukan dengan peningkatan penyediaan dan pengelolaan teknologi informatika melalui pembuatan Tanjungpinang Command Center meliputi penyediaan CCTV dan tampilannya menggunakan NVR, pembangunan publik Hotspot sebanyak 10 titik lokasi yang diperuntukkan untuk masyarakat Kota Tanjungpinang, yang berada di titik lokasi Taman Kota dan fasilitas perumahan yang sudah berjalan 60%. Tak hanya itu, melalui pengelola informasi dan dokumentasi, peliputan, penyedia, pengelolaan, dan penyebaran informasi publik, serta fasilitasi video conferance, memaksimalkan komunikasi informasi melalui penggunaan website dan jejaring media sosial tentang penyampaian informasi program, kebijakan, serta kegiatan pemerintah, baik yang sudah, yang sedang, dan akan dilaksanakan pemerintah kota Tanjungpinang.

Alhasil, kerja keras Syahrul-Rahma dan jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Exhibtion, Evaluation & President Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pelayanan perizinan kepada masyarakat pun menjadi fokus pemerintahan Syahrul-Rahma. Beberapa pencapaian dilakukan yaitu, pengembangan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan dengan system online (OSS, Sicantik Cloud dan SIMBG), penerapkan e-Signiture dengan brand SEKEJAP (Sistem Eletronik e–Signature Tanjungpinang), hingga memberikan kemudahan dalam pembayaran retribusi IMB/PBG secara nontunai melalui QRIS dengan sistem scan barcode yang tersedia di Smartphone berbasis Android.

Pada sektor pariwisata, meski pandemi covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap industri pariwisata, keadaan ini tidak membuat Pemerintah Kota Tanjungpinang berdiam diri. Usaha untuk meningkatkan daya tarik di destinasi wisata terus ditingkatkan mulai dari pembangunan fasilitas umum dan sarana prasarana di kawasan destinasi yang setiap tahun semakin bertambah, tidak hanya melalui dana APBD, juga menggunakan anggaran dari pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Keberhasilan kinerja Syahrul-Rahma ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota Tanjungpinang sebagai bentuk akuntabilitas kepada seluruh masyarakat yang menginformasikan gambaran kinerja penyelenggaraan pemerintahan.

Berkat usaha dan komitmen bersama seluruh jajaran pemerintah kota Tanjungpinang dengan mengikuti regulasi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, Pemerintah Kota Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) tujuh kali berturut-turut dari BPK RI dan predikat penilaian BB (baik) atas hasil evaluasi terhadap sistem akuntabilitas kinerja pemerintahan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sejumlah penghargaan lainnya juga telah menjadi bagian sepanjang tiga tahun perjalanan kepemimpinan Syahrul-Rahma, dilanjutkan Rahma-Endang, diantaranya penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya, Kota Layak Pemuda, Anugerah Indonesia 2019 sebagai wisata halal unggulan dan terpopuler peringkat ketiga, Swasti Saba Wiwerda, Dafa Award Forum Anak Terbaik, penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama, pencapaian daya saing daerah dengan kategori tinggi atas hasil pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD), hingga pencapaian response rate Sensus Penduduk Online 2020 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

“Prestasi yang telah kita raih bersama, hendaknya tidak membuat kita cepat berpuas diri, namun kita jadikan sebagai energi positif untuk mendorong performa dan kinerja terbaik dalam peningkatan kinerja pemerintahan,” pesan Wali Kota Rahma.

Meski pada momentum 20 tahun Kota Otonom Tanjungpinang telah membuahkan berbagai capaian hasil menggembirakan, Kita sadari di 2021 ini, pemerintah Kota Tanjungpinang berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi dan beradaptasi dalam melaksanakan kebijakan pembangunan serta pemulihan ekonomi akibat adanya Covid-19.

“Semangat kekompakan, kebersamaan, dan gotong royong menjadi kekuatan bagi kita semua sehingga mampu mengatasi berbagai tantangan di tengah pandemi covid-19. Mari kita jaga semangat ini untuk melanjutkan pembangunan Kota Tanjungpinang lebih maju, harmonis, dan ekonomi kembali bangkit,” harap Rahma.

Rahma juga mengapresiasi para pendiri sebelumnya, Suryatati A. Manan, Wan Izhar, Edward Mushalli, Lis Darmansyah, dan Almarhum Syahrul yang menyumbang banyak perubahan selama 20 tahun pembangunan Kota Tanjungpinang,” Mohon dukungan dan doanya untuk kami (Rahma-Endang) melanjutkan pembangunan dan menjemput Kota Tanjungpinang semakin maju dan harmonis,” ucapnya. (ET)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
6PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!