Puluhan IKM di Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Wirausaha

INIKEPRI.COM – Sebanyak 30 Industri Kecil Menengah (IKM) mengikuti pelatihan wirausaha yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang, di Hotel Pelangi, Kilometer 7 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (10/3/2022).

Saat membuka acara tersebut, Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengharapkan kepada seluruh peserta IKM yang ikut, agar benar-benar dan bisa memahami pelatihan yang difasilitasi oleh pemerintah ini. “Saya harap selesai pelatihan ini, usahanya bisa berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mengembangkan suatu usaha, maka pelaku IKM harus bisa mengubah pola pemikiran dalam berbisnis.

“Kadang-kadang kita ini terlalu baik, pada saudara atau teman, maka jualan dijual dengan murah, bahkan tidak bayar sama sekali. Mindset ini harus diubah, saya bukan ngajar pelit, tapi bisnis tetap bisnis,” ujarnya.

Rahma berkata, pelaku usaha bisa mengubah pola pikir, sehingga diharapkan ada perubahan setelah pelatihan ini. Ia juga meminta kepada disdagin untuk mencatat omzet pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini, apakah ada peningkatan atau tidak.

“Pemko Tanjungpinang tidak mungkin terus menghabiskan anggaran untuk memberikan bantuan dan mengadakan pelatihan seperti ini, namun tidak ada perubahan sama sekali terhadap peserta. Jadi setelah pelatihan ini omset dari IKM harus meningkat,” pinta dia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Samsudi menyampaikan, pelatihan kewirausahaan ini digelar selama tiga hari, dari 10 hingga 12 Maret 2022.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan agar pelaku IKM bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, dengan demikian terjadi perubahan pemikiran yang lebih kreatif untuk terus melakukan terobosan baru. “Hal ini dilakukan agar peserta bisa meningkatkan keuntungan dan pendapatan dari sebelumnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rahma juga mendata IKM untuk diberikan bantuan peralatan usaha melalui bantuan corporate social responsibility (CSR). (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!